Senin, April 12, 2021
BerandaPARIGI MOUTONGJajaran Polres Parimo Siap Ikuti Vaksinasi Covid 19

Jajaran Polres Parimo Siap Ikuti Vaksinasi Covid 19

- Advertisement -spot_img

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Polres Parimo Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan seluruh unsur pimpinan dan jajaran siap mengikuti vaksinasi covid 19.

“Vaksinasi covid 19 sudah menjadi kebijakan dari Presiden Joko Widodo yang berlaku di seluruh Indonesia,” ungkap Kapolres Parimo, Andi Batara Purwacaraka, di Mako Polres Parimo, Senin 11 Januari 2021.

Ia mengatakan, TNI dan Polri juga jadi bagian yang akan divaksinasi covid 19. Namun, untuk tahap awal ini yang diprioritaskan adalah tenaga kesehatan.

Dalam penanganan covid 19 diketahui, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam memutus mata rantai pandemi virus corona.

Baca juga: Fatwa Utuh Vaksin Covid 19 Tunggu Izin Edar BPOM

“Kalau presiden saja sudah akan divaksinasi covid 19, otomatis jajaran Polres Parimo juga siap melaksanakannya,” tegasnya.

Untuk vaksinasi covid 19 di Parimo, Polres Parimo siap mengawal mulai dari penjemputan hingga pelaksanaannya.

Sementara itu Kabag Ops Polres Parimo AKP Yunus Achpah mengatakan, penjemputan vaksin covid 19 ke Kota Palu, rencananya akan dilakukn dalam empat tahapan.

“Sebanyak 2 ribu vaksin covid 19 jatah Kabupaten Parimo akan dilakukan sebanyak empat kali. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kapasitas kendaraan pengangkut standar vaksin corona,” jelasnya.

Baca juga: Pemkot Serahkan Dana Hibah Ratusan Juta ke MUI Kota Palu

Sedangkan untuk penyimpanan vaksin covid 19 nantinya akan ditempatkan di gudang milik Dinkes Parimo.

Gudang itu sudah dipersiapkan dan sudah sesuai dengan standar penyimpanan vaksin covid 19.

“Ruangan penyimpanan vaksin harus memiliki suhu tertentu. Jadi tidak boleh sembarangan,” terangnya.

Selanjutnya, Kasat Sabhara Polres Parimo AKP I Wayan Boni Patius juga menjelaskan, pelaksanaan vaksin covid 19 akan dilaksanakan di setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Parimo.

Penyebaran lokasi vaksin di setiap Puskesmas dimaksudkan untuk mengefisienkan waktu. Mengingat wilayah Kabupaten Parimo yang sangat luas.

“Kami masih menunggu jadwal resmi dari Dinkes Parimo terkait kesiapan penjemputan vaksin covid 19 ke Kota Palu,” sebutnya.

Baca juga: Pengadaan 3 Juta Dosis Vaksin Sinovac Telan Anggaran 633 milyar

Fatwa Utuh Vaksin Covid 19 Tunggu Izin Edar BPOM

Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI Asrorun Niam menegaskan, keluarnya fatwa utuh MUI terkait vaksin Covid 19 tunggu izin edar BPOM.

“Setelah BPOM menyampaikan aspek keamanan penggunaan vaksin covid 19, maka MUI akan melihat fatwa utuh,” ungkapnya dalam siaran telekonference di Jakarta.

Namun, ia menuturkan vaksin itu ditetapkan halal dan suci. Ia menjelaskan komisi Fatwa menetapkan kehalalan. Sebelumnya mengkaji mendalam laporan hasil audit dari tim MUI.

Tim itu terdiri dari Komisi Fatwa MUI Pusat dan LPPOM MUI. Tim itu sebelumnya telah berpengalaman dalam proses audit Vaksin MR.

Tim itu tergabung dalam tim Kementerian Kesehatan, Bio Farma, dan BPOM sejak bulan oktober 2020.

Mereka bersama tim lain mengunjungi pabrik Sinovac dan mengaudit kehalalan vaksin di sana. Sepulang dari Indonesia, tim masih menunggu beberapa dokumen yang kurang.

“Kami terima dokumen itu secara lengkap pada 5 Januari 2021 melalui surat elektronik,” sebutnya.

Pada hari yang sama, tim juga merampungkan audit lapangan di Bio Farma yang nantinya akan memproduksi vaksin ini secara masal.

Tim kemudian melaporkan hasil audit itu kepada Komisi Fatwa MUI Pusat untuk dilakukan kajian keagamaan menentukan kehalalan vaksin covid 19.

Ia menjelaskan rapat itu diikuti pimpinan dan anggota Komisi Fatwa MUI Pusat itu, hanya membahas menetapkan kesesuaian syariah Vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac Lifescience.Co.

Ada tiga vaksin produksi Sinovac yang didaftarkan yaitu Coronavac, Vaccine Covid-19, dan Vac2 Bio.

“Artinya yang kita bahas hari ini adalah mengenai produk vaksin Covid 19 dari produsen Sinovac ini bukan yang lain. Pembahasan diawali dari audit dari auditor,” tutupnya.

Baca juga: Tiba di Palu, Ini Target Penerima Vaksin Covid 19 Sulteng

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img