Jaga Soal USBN, Pihak Sekolah Libatkan Petugas Keamanan

0
61
Jaga Soal USBN, Pihak Sekolah Libatkan Petugas Keamanan
USBN SMPN 1 Parigi (Foto: Ist)

Parimo, gemasulawesi.com Jaga agar soal ujian USBN tidak bocor, pihak sekolah di Parigi moutong (Parimo) libatkan petugas keamanan.

Salah satu sekolah penyelenggara USBN adalah SMPN Dua Parigi. Pemberlakuan sistem pengamanan dan pengawasan ujian, sama dengan pelaksanaan ujian nasional pada umumnya.

“Salah satu tugas pengamanan soal USBN adalah pengawalan saat pengambilan soal UASBN dari Disdikbud Parimo,” ungkap Wakil Kepala SMPN Dua Parigi, Nasrun, di ruang ujian SMPN Dua Parigi, Senin, 8 April 2019.

Ia melanjutkan, petugas pengamanan meminimalisir permasalahan selama pelaksanaan USBN lima hari kedepan. Tugas utamanya jaga soal USBN.

Selain melibatkan petugas keamanan sekolah, pihaknya juga banyak dibantu tenaga guru. Sebagai bentuk tanggungjawab profesi.

Diketahui, jumlah siswa SMPN Dua Parigi meiliki 205 murid yang seluruhnya hadir pada pelaksanaan USBN.

“Kalaupun ada yang sakit, kami harus mengantarkan soal ujiannya. Perlu pengawasan dan pengawalan ke rumahnya saat menyelesaikan soal,” jelasnya.

Selain SMPN Dua Parimo, SMPN Satu Parigi memberlakukan hal yang sama.

Wakil Kepala SMPN Satu Parigi Neti Anasonda, mengatakan, seluruh siswa yang mengikuti USBN disekolahnya sebanyak 210 siswa, yang enam diantaranya merupakan siswa SMP Advent Parigi. Sehingga perlu pengamanan.

“Sekolah yang gabung yakni, SMP Advent Parigi sebanyak enam orang. Sisanya 204 siswa merupakan siswa kami,” kata dia.

Menurut dia, pihaknya menggunakan sebanyak sebelas kelas, dengan jumlah peserta ujian dimasing-masing ruangan sebanyak 20 orang.

Pada hari pertama USBN ada dua sesi dengan dua mata pelajaran yang dilaksanakan pihaknya yakni, mata pelajaran Agama dan Bahasa Indonesia.

Dia menambahkan, sebelum pelaksanaan USBN pihaknya mempersiapkan siswanya, dengan memberikan tambahan jam pelajaran dengan pelaksanaan les selama dua bulan, atau sejak bulan Februari hingga Maret kemarin.

“Kami berharap, nilai siswa kami saat USBN ini sesuai dengan apa yang diharapkan. Apalagi, pelaksanaan ujian ini merupakan penentu kelulusan bagi siswa,” tutupnya.

Laporan: Aqil

Tinggalkan Balasan