IUP PT Trio Kencana Masuk Kadaluarsa Tambang Kasimbar Ditutup

waktu baca 2 menit
Ket Foto: SS Laman Depan Website PT Trio Kencana.

Parigi Moutong, gemasulawesi.com- Izin Usaha Pertambangan (IUP) serta izin Rencana Kerja dan Anggaran Belanja (RKAB) milik PT Trio Kencana masuki masa kadaluarsa.

Menimbang persoalan tersebut Wakil Bupati Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, Badrun Nggai memerintahkan tambang emas Kasimbar yang ditutup untuk sementara.

Baca: Ratusan Pendemo Minta Pemda Tolak Usaha Tambang Kasimbar

“Berdasarkan rapat Forkopimda dan OPD terkait dan menghadirkan perusahaan terkait diputuskan tambang Kasimbar ditutup untuk sementara,” tegas Badrun Nggai kepada sejumlah media usai rapat di Kantor Bupati Kamis, 20 Januari 2022.

Ia mengatakan, aktivitas tambang PT Trio Kencana tersebar pada tiga Kecamatan yakni, Kecamatan Kasimbar, Toribulu dan Tinombo selatan.

Baca: Gubernur Beri Peran Bangun Daerah ke Perusda Sulawesi Tengah

Lanjut Badrun, dalam rapat terungkap beberapa poin yang menjadi pembahasan antara lain, izin IUP dan RKAB, adanya perselisihan internal dalam PT Trio Kencana serta penutupan sementara aktivitas tambang di Kecamatan Kasimbar.

“PT Trio Kencana sejauh ini belum memiliki izin pengelolaan, RKAB pihak perusahaan juga sudah kadaluarsa,” terangnya.

Persoalan lain yang memicu keributan adalah pemberitahuan legal yang diedarkan pihak perusahaan terkait beroperasinya tambang dan belum sepenuhnya tersosialisasikan ke masyarakat setempat.

Ia berharap, Dinas ESDM Sulawesi tengah, untuk memantau kelengkapan RKAB dan IUP PT Trio Kencana dan menginformasikan kepada pimpinan daerah agar bisa diketahui.

“PT Trio Kencana harus melengkapi dulu semua persyaratan wajib sebelum memulai operasi kerjanya, mereka juga harus bersosialisasi kepada pemerintah setempat baik kecamatan maupun desa dan warga setempat,” jelasnya.

Berdasarkan data PUPRP kata dia, dalam survey area lokasi seluas kurang lebih 15.000 ha, yang layak dan memenuhi syarat untuk digarap dalam sektor pertambangan hanya 9.900 ha. (fan)

Baca: Aksi Demo Warga Kasimbar Tolak Tambang, Kantor Camat Disegel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.