Isu Narkotika, Kemenkumham Sosialisasikan UU ke Warga Kampal

0
203
Isu Narkotika, Kemenkumham Sosialisasikan UU ke Warga Kampal
Kanwil Kumham Sulteng Sosialisasi UU Narkotika (Foto: Sidik)

Parimo, gemasulawesi.com Isu narkotika, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Sulteng sosialisasikan UU Narkotika. Bentuk edukasi warga Kelurahan Kampal, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Pantauan Ceramah Penyuluhan Hukum Terpadu untuk peningkatan hukum masyarakat yang digelar di Kantor Lurah Kampal, 12 Juli 2019. Terlihat, Puluhan warga terlihat antusias mendengarkan paparan materi sosialisasi.

“Sudah merupakan wewenang dan tugas kami mewujudkan edukasi sadar isu narkotika. Sebagai hak dan kewajiban sebagai warga negara,” ungkap Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulteng, Mans Johnli.

Angka pengguna narkotika di Kabupaten Parimo kata dia, sangat tinggi. Tertinggi bila melihat dari kurang lebih 500 Ribu jumlah warga Kabupaten Parimo. Karenya dibutuhkan peran serta orang tua dan masyarakat dalam mengatasinya.

Caranya, dengan melakukan kerjasama dengan semua pihak agar daerah ini terhindar dari penyalahgunaan penggunaan narkoba. Selain itu, semua pihak harus meminimalisir pernikahan usia dini yang  berdampak pada faktor sosial masyarakat.

Selanjutnya, selain pemaparan materi Undang-Undang Narkotika, Kanwil Kemenkumham Sulteng juga sosialisasikan UU Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan UU Perkawinan.

“Perkembangan teknologi informasi yang bebas diakses dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat. Sehingga, pembinaan hukum di kelurahan dan desa untuk atasi persoalan dimasyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Parimo, Samin Latandu, mengharapkan kepada warga dapat mentrasfer pengetahuan kepada masyarakat lainya baik lingkup keluarga maupun masyarakat luas.

Dia  mengatakan, Pemda telah melakukan upaya pencegahan dengan mengunjungi sejumlah sekolah di Parimo. Tujuannya, untuk mencegah penyalahgunaan narkoba oleh warga. Terutama peran pengawasan orang tua harus ditingkatkan.

Lurah Kampal Apresiasi Edukasi Warga Kampal Tentang Narkoba, Sejalan Dengan Semangat Kelurahan Kampal Sadar Hukum

Lurah Kampal, Basir, mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulteng yang memberikan penyuluhan hukum kepada warga di Kelurahan Kampal.

“Dengan dukungan dari Kanwil Kemenkumham Sulteng, menindaklanjuti ketetapan Bupati Parimo menunjuk Kelurahan Kampal sebagai Kelurahan Sadar Hukum. Semoga apa yang diimpikan Pemda dapat terwujud,” tegas Basir.

Turut hadir dalam penyuluhan tersebut I Putu Darmayasa, Kepala Bidang Hukum, Indrawati Djunaedi Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum Polres Parimo, Kasat Narkoba Polres Parimo, Uspan Djahara.

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan