Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Irjen Polisi Rudy Sufahriadi Dilantik Jadi Kapolda Sulawesi Tengah

Irjen Polisi Rudy Sufahriadi Dilantik Jadi Kapolda Sulawesi Tengah
Foto: Kapolda Sulteng baru dilantik.

Gemasulawesi- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Selasa 31 Agustus 2021 memimpin serah terima jabatan Kapolda Sulteng dari Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso kepada Irjen Polisi Rudy Sufahriadi.

Penunjukan Irjen Polisi Rudy Sufahriadi sebagai Kapolda Sulteng, tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor: ST/1701/VIII/KEP/2021 tanggal 25 Agustus 2021.

Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso dimutasi menjadi Kepala Biro Brimob Polri.

Baca juga: Kapolda Sulteng: Pers Berperan Tangkal Hoax

Sosok Rudy tidak asing di lingkungan kepolisian Sulteng. Dia selain pernah menjabat Kapolres Poso pada tahun 2005-2007, juga pernah menjabat Kapolda Sulteng tahun 2016-2018. Pada waktu itu, Polda Sulteng masih dipimpin perwira tinggi bintang satu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Sulawesi Tegah, Kombes Polisi Didik Supranoto mengatakan, usai serah terima jabatan, Irjen Polisi Rudy Sufahriadi akan berkantor di Palu, Rabu 1 September 2021 untuk bekerja.

Baca juga: Kapolres Palu dan Dandim 1306 Donggala Cek Pelaksanaan Vaksinasi

Berikut profil Kapolda Sulteng, Irjen Polisi Rudy Sufahriadi baru dilantik

  1. Lahir di Cimahi, Jabar

IJL Drs. Rudy Sufahriadi, lahir di Cimahi, Jawa Barat, 23 Agustus 1965, seorang perwira tinggi Polri. Rudy, lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse.

Ia masuk Akademi Kepolisian tahun 1988, kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian pada tahun 1996.

Pada tahun 2004, Rudy menjalani pendidikan lanjutan di Sekolah Pimpinan Polri dan Lembaga Pertahanan Nasional pada tahun 2013.

  1. Kapolres Poso, Sulteng Tahun 2005

Pada tanggal 10 November 2005, Rudy resmi menggantikan AKBP Soleh Hidayat sebagai Kapolres Poso.

Baru dua bulan menjabat di sana, dia hampir menjadi korban penembakan teroris.

Pada tanggal 24 Januari 2006, setelah dirinya selesai menunaikan salat subuh berjamaah di Masjid Raya Poso, Rudy ditembak dari jarak dekat oleh salah satu dari dua orang tak dikenal mengendarai sepeda motor RX King.

Namun, dirinya dalam kondisi sigap dan berhasil menghindari tembakan itu. Rudy sendiri tidak sedang dalam pengawalan pada saat itu.

Jabatan Rudy sebagai Kapolres kemudian digantikan AKBP Adeni Mohan Daeng Pabali, dan Rudy dimutasi sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

  1. Kapolres Metro Jakarta Pusat

Pada tanggal 11 Agustus 2010, posisi Rudy sebagai Kapolres Metro Jakarta Utara digantikan Kombes. Pol. Andap Budhi Revianto dan ia ditarik ke Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

  1. Gantikan Brijen Pol Idham Aziz Jadi Kapolda Sulteng

Pada tanggal 1 Maret 2016, Rudy menggantikan Brigjen Pol. Idham Azis (mantan Kapolri) sebagai Kapolda Sulawesi Tengah. Saat itu Idham ditarik ke Mabes Polri. (****)

Baca juga: Kapolda Cek Randis Jelang Operasi Ketupat Tinombala 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post