Warga Tagih Janji Samsurizal, Datangkan Investor Kelapa Biji

0
87
ilustrasi (dokumentasi MEDIALOKAL.CO)
SHARE

Parigi, gemasulawesi.com- Sejumlah Petani Kelapa di Kecamatan Motong, Kabupaten Parimo, Provinsi Sulawesi Tengah hingga kini masih menanti janji Samsurizal Tombolututu, saat berkampanye untuk memenangkan dirinya pada Pilkada Kabupaten Parimo beberapa waktu lalu.

Salah satu wilayah di Kabupaten Parimo yang paling merasakan dampak dari turunnya harga Kopra yaitu Kecamatan Moutong. Pasalnya sebagian besar warga dikecamatan tersebut sebagai petani kelapa. Sementara dalam kampanyenya, Samsurizal Tombolotutu berjanji akan mendatangkan investor kelapa biji guna membantu petani saat harga kopra anjlok, jika dirinya terpilih kembali sebagai Bupati Parimo.

Hal tersebut diungkap salah seorang petani kelapa, kepada gemasulawesi.com, pekan kemarin. Ia menuturkan, sejumlah petani kelapa di Kecamatan Moutong sangat berharap agar Bupati Parimo bisa segera merealisasikan janjinya saat berkampanye untuk memenangkan dirinya pada Pilkada Parimo yang dihelat 2018 kemarin.

 “Yah, kami berharap, Bupati segera merealisasikan programnya untuk mendatangkan investor pembeli kelapa biji,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui media ini diruang kerjanya. Sekretaris Camat (Sekcam), Aftar Muhamad menuturkan, diantara 19 Desa dari total 20 Desa di wilayah Kecamatan Moutong kata ia, warganya bermata pencaharian sebagai petani kelapa. Sehingga menjadikan kelapa sebagai komoditi unggulan untuk wilayah Kecamatan Moutong.

“Kalau kayak harga sekarang ini, masyarakat memang merasa masih kesulitan,” turturnya.

Hal ini kata ia, membuat petani diwilayah tersebut mengambil langkah untuk menjual langsung biji kelapa kepada pengempul atau langsung dibawa ke Investor kelapa biji yang ada di wilayah propinsi gorontalo.

“Kalau bukan dijual jual biji, palingan dijadikan minyak,” jelasnya.

Laporan: Daniel


SHARE

Tinggalkan Balasan