Investor Jakarta Lirik Komoditi Sarang Burung Walet Parigi Moutong

0
97
Investor Jakarta Lirik Komoditi Sarang Burung Walet Parigi Moutong
Illustrasi industri dari sarang burung walet



Parigi moutong, gemasulawesi.comInvestor asal Kota Jakarta melirik potensi komoditi sarang burung walet Kabupaten Parigi Moutong.

“Dengan kedatangan calon investor komoditi sarang burung walet akan menguntungkan wilayah kita,” ungkap Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai, di ruang kerjanya, Kamis 23 Januari 2020.

Ia mengatakan, kedatangan calon investor dari Jakarta adalah kesempatan yang baik bagi kemajuan Parigi Moutong. Diharapkan, kedepannya menjadi salah satu daerah pengekspor langsung hasil sarang burung walet.

Hal itu bisa dicapai kata dia, bila melihat rekapitulasi data potensi sarang burung walet di wilayah Parigi Moutong tahun 2019, yang di keluarkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Penyebaran sarang burung walet kualitas terbaik hingga saat ini berjumlah 726 petani. Tersebar di 23 kecamatan.

Dinas yang terlibat langsung dalam kunjungan tim calon investor agar memberikan pelayanan yang baik dan kesan terbaik saat mereka berada di daerah kita.

“Kalau layanan bagus, Tim FKS Group Calon Investor Jakarta nanti bisa dapat menanamkan modalnya di Kabupaten Parigi Moutong,” tuturnya.

Rencananya, tim itu akan berada di Kabupaten Parigi Moutong selama dua hari. Tepatnya, pada 28 s/d 29 Januari 2020 dengan agenda mengunjungi langsung 19 bangunan petani sarang burung walet.

Agendanya, tim calon investor akan melakukan pertemuan bersama Pemda Parigi Moutong dan Pengurus Asosiasi Petani Walet Khatulistiwa (APWK) serta dialog bersama Petani Sarang Burung Walet yang tersebar di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

Setelah peninjauan gedung sarang burung walet dilakukan, secepatnya Pemda Parigi Moutong akan menyurat ke Kementrian Perdagangan. Tujuannya, meraih dukungan menjadi pusat perdagangan komoditi sarang burung walet di Provinsi Sulawesi Tengah

“Kami juga akan membuat permohonan rekomendasi kepada Gubernur Sulawesi Tengah. Agar seluruh rencana kerja cepat terealisasi,” terangnya.

Ia menambahkan, tidak menutup kemungkinan potensi sarang burung walet akan bertambah pada tahun 2020 dengan kehadiran investor.

“Mari kita jadikan Parigi Moutong salah satu kota pusat ekspor langsung hasil sarang burung walet secara bertahap. Intinya, demi kesejahteraan warga Parigi Moutong,” tutupnya.

Baca juga: Tiga Target Layanan Utama Kependudukan Parigi Moutong 2020

Laporan: Muhammad Rafii

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here