Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Inspektorat Dampingi Pengadaan Ribuan Laptop Disdikpora Gunungkidul

Inspektorat Dampingi Pengadaan Ribuan Laptop Disdikpora Gunungkidul
Foto: Illustrasi pengadaan laptop.

Gemasulawesi– Inspektorat damping pengadaan ribuan laptop Disdikpora Gunungkidul, program peningkatan mutu pendidikan di sekolah berbasis teknologi.

“2610 unit ini diberikan untuk murid SD dan SMP di sejumlah sekolah di Kabupaten Gunungkidul,” ungkap Kabid SD Disdikpora Gunungkidul Sumarto, di Gunungkidul, Minggu 15 Agustus 2021.

Dia mengatakan, ribuan laptop Disdikpora Gunungkidul langsung didistribusikan ke masing-masing sekolah penerima.

Baca juga: KPK Warning Kemendikbudristek Pengadaan Laptop untuk Pelajar

Dalam pengadaan ribuan laptop Disdikpora Gunungkidul itu, pihaknya mendapatkan anggaran sebanyak Rp 10 miliar berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sebanyak 49 sekolah sebagai sasaran penerima bantuan laptop.

“Masing-masing sekolah akan mendapat 45 unit laptop. Jadi kalau ditotal, untuk SD ada pengadaan sebanyak 2.205 unit,” ujarnya.

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah Minta Tata Kelola Ketersediaan Oksigen Dibenahi

Dia berharap, bantuan pengadaan ribuan laptop Disdikpora Gunungkidul itu dapat dimaksimalkan untuk menunjang proses belajar mengajar.

Dengan proses yang baik pada akhirnya mutu pendidikan di sekolah akan mengalami perbaikan. Hasilnya bukan tidak mungkin sekolah memiliki mutu pendidikan terbaik.

Baca juga: 17 Triliun, Anggaran Pembelian Laptop Buatan Dalam Negeri

Pengadaan telan anggaran Rp12,7 miliar

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikpora Gunungkidul, Kisworo mengatakan, total biayanya sebanyak Rp 12,7 miliar juga berasal dari DAK. Disdikpora mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 2,7 miliar.

“Alokasinya untuk bantuan laptop ke sembilan SMP dengan rincian 45 unit di setiap sekolahnya atau 405 laptop,” ungkapnya.

Baca juga: Polisi Tembak Pencuri di Lolu Selatan, Kota Palu

Dia merinci, harga per unit laptop adalah Rp 5,8 juta dengan spesifikasi sesuai petunjuk teknis Kemendikbudristek. Saat ini Disdikpora Kabupaten Gunungkidul sedang menunggu pengiriman barangnya, setelah membelinya lewat e-katalog.

Selain itu, pagu anggaran dimiliki tidak hanya untuk pengadaan laptop saja. Pasalnya, ada juga anggaran digunakan untuk pengadaan perangkat pendukung lainnya, seperti wireless router, proyektor hingga konetor untuk penghubung.

“Jadi tidak hanya untuk laptop saja, tapi perangkat penunjang lainnya,” tutupnya.(***)

Baca juga: Pertamina Foundation Salurkan Bantuan 50 Laptop

Baca juga: Kemendag Awasi Jasa Layanan Cetak Kartu Vaksin Covid19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post