2Banner GIF 2021

Parimo Raih Innovatif Government Award

Parigi Moutong Raih Penghargaan Innovatif Government Award
Foto: Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong, Zulfinasran menerima penghargaan IGA 2020, dari Kemendagri. Kegiatan penganugrahan IGA 2020 bertempat di Jakarta, Jumat 18 Desember 2020.

Berita parigi moutong, gemasulawesi- Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah meraih penghargaan Innovatif Government Award (IGA) dari Kemendagri melalui Badan Litbang.

Parigi Moutong mendapatkan predikat kabupaten sangat inovatif, pada acara penghargaan Innovatif Government Award yang disiarkan secara virtual, di Jakarta, Jumat 18 Desember 2020.

Dr. Sumole Tumbu Kepala Pusat Litbang Pembangunan dan Keuangan yang memberikan penghargaan Innovatif Government Award. Ia memberikannya kepada Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong, Zulfinasran, SSTP., MAP. Setelah dimandatkan untuk menerima penghargaan itu secara langsung.

Baca juga: Litbang Parigi Moutong Teliti Angka Kecukupan Gizi Kelor

Baca juga: Pameran Stunting Parigi Moutong, Ini Target Pemda

Parigi Moutong adalah salah satu daerah penerima, dari 195 Pemda yang mendapat predikat sangat inovatif. Berdasarkan indeks inovasi daerah pada acara penganugerahan Innovatif Government Award 2020.

Terkait penghargaan Innovatif Government Award, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Agus Fatoni mengatakan. Ada 14897 inovasi Pemda pada tahun 2020.

“Angka ini meningkat 85 persen dari inovasi yang dilakukan Pemda pada 2019 yang hanya sebanyak 8014 inovasi,” ungkapnya.

Baca juga: Pameran Stunting Parigi Moutong, Ini Target Pemda

Indeks inovasi Indonesia di dunia pada tahun 2020, berada diposisi sama dengan tahun sebelumnya. Yakni, diperingkat 85 dari 131 negara yang di survei.

Namun, posisi itu masih dibawah posisi negara ASEAN lainnya. Seperti Brunei Darussalam yang menempati posisi 71. Filipina diposisi 42, Thailand diposisi 43, Malaysia diposisi 35 dan Singapura diposisi 8.

Ia mengatakan, indikator itu harus menjadi acuan. Agar, Indonesia lebih meningkatkan inovasi. Terutama, pada persoalan yang menghambat investasi.

Baca juga: Jakarta Tourisindo Gelar Asesmen Karyawan

“Acara ini, momentum apresiasi terhadap langkah besar yang dilakukan Pemda. Dalam mereformasi sektor pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan,” sebutnya.

Ia mengatakan, kegiatan pelaksanaan pengukuran indeks inovasi daerah, juga mengikutsertakan 15 dewan juri dari kementerian lembaga, media dan beberapa instansi ataupun lembaga yang kredibel lainnya.

Baca juga: Parimo Sulteng Ikuti Empat Kategori Lomba Inovasi Daerah New Normal

Innovatif Government Award Parimo

Sementara itu, Sekretaris Badan Litbang Kemendagri Dr. Kurniasih mengatakan. Pemberian penghargaan Innovatif Government Award kepada daerah dengan predikat sangat inovatif, berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah tahun 2020.

Penghargaan ini diberikan kepada daerah, baik itu pemerintah provinsi ataupun kabupaten maupun kota.

Bava juga: Kota Palu Raih Predikat WTP dari BPK

Pemberian penghargaan Innovatif Government Award kepada Pemda dengan predikat sangat inovatif, merupakan apresiasi pemerintah.

Apresiasi terhadap semangat, daya upaya dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dengan cara-cara inovatif.

Baca juga: Fasilitator Ajak Ikuti Jejak Parimo Penuhi Hak Anak

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post