Ini Terobosan Disdikbud Parimo Sambut Adipura

0
183
Ini Terobosan Disdikbud Parimo Sambut Adipura
Kepala Disdikbud Parimo, Adrudin Nur (Foto: Ist)

Parigi, gemasulawesi.comIni terobosan Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi moutong (Parimo) sambut adipura, instruksikan terobosan kepada sekolah bentuk pelajar peduli sampah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Disdikbud Parimo, Adruddin Nur, Selasa, 23 Juli 2019, usai mengikuti kegiatan di Kelurahan Kampal. Ia mengatakan, pihaknya menginstruksikan agar seluruh sekolah, membentuk pelajar peduli sampah.

“Jadi ini terobosan untuk sambut adipura. Sekolah yang merupakan gawean Disdik Parimo telah diintruksikan seperti itu,” ujarnya.

Kata dia, program tersebut melibatkan seluruh masyarakat sekolah. Sehingga tercipta sinergi yang kuat antara guru dan siswa, dalam meminimalisir produksi sampah dilingkungan sekolah.

Dia menuturkan, pembentukan pelajar peduli sampah juga akan mengaktifkan kembali pelaksanaan program bank sampah di masing-masing sekolah.

Dapat meraih piala Adipura, digadang-gadang sebagai salah satu pembuktian Kabupaten Parimo terdepan, dibawah kepeminpinan Samsurizal Tombolotutu sebagai Bupatinya.

“Jadi siswa akan diajarkan membagi sampah kering dan basah yang nanti akan di rupiahkan melalui pengelolaan OSIS. Hal tersebut diharapkan dapat memberi pengaruh hingga ke orang tua,” terangnya.

Selain itu kata dia, Disdikbud Parimo juga menginstruksikan agar seluruh sekolah dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Desa, Kelurahan, Kecamatan serta masyarakat. Agar dapat melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan sekitar secara terjadwal.

Dia berharap, perilaku hidup bersih dan menjaga lingkungan, dapat dijadikan sebagai budaya dari masyarakat Parimo. Disamping melibatkan seluruh siswa mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar hingga Sekolah Menegah Pertama sekabupaten Parimo.

“Semoga kegiatan siswa peduli sampah menjadi awal pembentukan awal budaya masyarakat Parimo peduli sampah,” tutupnya.

Laporan: Ahmad Nur Hidayat

Tinggalkan Balasan