Ini Ternyata Manfaat Mengkonsumsi Susu Kambing

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing lebih jarang dikonsumsi, padahal banyak manfaatnya lho. Meski begitu, tak ada salahnya mengonsumsi susu kambing sebagai alternatif pengganti susu sapi dari waktu ke waktu, karena dipercaya ampuh menyembuhkan penyakit tertentu. 

Dalam 100 ml susu kambing, ada 64 kalori; 4,3 gram protein; 2,3 gram lemak dan 6,6 gram karbohidrat Tak hanya itu, susu kambing juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, natrium dan  kalium. 

Tidak hanya sering dimakan segar, susu kambing juga sering dibuat keju.Dari segi rasa, susu kambing tidak kalah enaknya. Susu kambing bisa dikonsumsi secara rutin, beberapa jenis penyakit juga dikatakan bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi susu kambing.

  1. Meningkatkan sistem imunitas yang bagi tubuh

Susu kambing juga memiliki manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya yang kompleks.Tidak hanya itu saja susu kambing memiliki kandungan kalsium, protein serta asam lemak yang baik Vitamin A yang berperan sebagai antioksidan juga terdapat pada susu kambing.

Susu kambing juga terbukti dapat diserap dengan cepat  oleh tubuh,  membuat susu kambing mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Memperbaiki pencernaan

Susu kambing mengandung lebih sedikit laktosa  dibandingkan susu sapi. Laktosa dalam susu kambing memudahkan penyerapan oleh tubuh. Selain itu, protein susu kambing juga mudah diserap  usus.Susu kambing juga mengandung probiotik, yang merupakan makanan bagi bakteri baik di usus. Perkembangan bakteri baik di usus membantu melancarkan sistem pencernaan dan proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

  1. Baik bagi kesehatan paru- paru

Masalah kesehatan paru-paru seperti infeksi dada dikatakan membaik secara perlahan dengan mengkonsumsi susu kambing. Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara konsumsi susu kambing dengan kesehatan paru-paru.Namun karena berbagai zat gizi makro yang terkandung dalam susu kambing mudah diserap oleh tubuh, maka daya tahan tubuh akan meningkat. Selain itu juga meningkatkan kualitas kesehatan, bukan tidak mungkin organ tubuh juga dapat berfungsi secara maksimal, termasuk paru-paru.

  1. Menguatkan tulang dan gigi

Susu kambing mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Segelas atau 200 ml susu kambing dapat memenuhi lebih dari 100% kebutuhan kalsium harian orang dewasa.

  1. Pencegahan stres

Susu kambing yang dikonsumsi secara teratur juga mampu mencegah dan mengurangi efek stres.Konsumsi susu kambing hangat untuk memperoleh manfaat relaksasi tubuh dan pikiran.

Sementara itu, kandungan zinc dan magnesium dalam susu kambing dapat memperkuat jaringan saraf dan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf. (*)

Baca: 8 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.