Rabu, April 21, 2021

Ini Tahapan Sebelum Penyuntikan Vaksin Sinovac

Must read

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Dinkes Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menyebut ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum penyuntikan vaksin sinovac.

Tahapannya yaitu para peserta penyuntikan vaksin covid 19 di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, diwajibkan melakukan pendaftaran dengan membawa Kartu Tanda Penduduk atau KTP untuk pendataan. Kemudian, dilanjutkan ke tahap screening. Yakni, mengecek tekanan darah dan pertanyaan dari dokter terkait penyakit bawaan.

“Setelah dinyatakan tidak ada masalah, maka dilanjutkan ke tahap penyuntikan vaksin sinovac,” ungkap Kepala Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular, Dinkes Parigi Moutong, Ni Made Muliani, usai vaksinasi Anleg DPRD dan jurnalis, Kamis 18 Maret 2021.

Baca juga: Polisi Bekuk Dua Penyatron Masjid di Kota Palu, Dua Buron

Usai proses penyuntikan vaksin sinovac dilakukan, dilanjutkan ke tahap terakhir atau observasi selama 30 menit sehabis penyuntikan.

Hal itu bertujuan untuk mengetahui reaksi setelah divaksin. Seperti kram otot, demam, ngilu dan rasa kelelahan.

Jika tidak ada reaksi lanjutan usai penyuntikan vaksin sinovac, maka yang bersangkutan bisa kembali beraktifitas seperti biasanya.

Baca juga: Polisi Buru Tiga DPO Pelaku Kasus Tambang Ilegal Buranga, Parimo, Sulawesi Tengah

“Sehabis disuntik yang pertama, selanjutnya menunggu 14 hari untuk dilakukan penyuntikan tahap kedua,” sebutnya.

Ia menekankan, apabila mengalami gejala lanjutan dalam beberapa hari kedepan, agar segera menghubungi dokter atau puskesmas terdekat.

Wakil Ketua I DPRD Parigi Moutong, Faisan Badja mengatakan, vaksinasi covid 19 yang dilaksanakan DPRD adalah contoh untuk masyarakat. Vaksinasi ini tidak seperti isu yang beredar, yang disebut tidak baik.

Baca juga: 608 Personel Polres Parigi Moutong Suntik Vaksin Tahap Pertama

“Untuk kami sebagai wakil rakyat, DPRD mempunyai tugas untuk memberikan keyakinan atau contoh kepada masyarakat akan pentingnya melakukan vaksinasi covid 19,” tuturnya.

Anleg DRPD Parigi Moutong, Arifin Daeng Palalo yang mengikuti penyuntikan vaksin sinovac mengakui, tidak merasakan gejala apapun setelah disuntikan vaksin sinovac itu.

“Hingga detik ini, kondisi ini masih tetap seperti sebelum saya divaksin dan semuanya berjalan dengan baik,” tutupnya.

Baca juga: Ketua DPRD Sayutin Siap Ikut Suntik Vaksin Covid 19 di Parimo

Laporan: Aldi

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img