fbpx

Ini Saran Pemerintah Lindungi Anak Usia 5-11 dari Covid19

waktu baca 2 menit
Foto: Ini Saran Pemerintah Lindungi Anak Usia 5-11 dari Covid19.

Gemasulawesi– Beberapa cara dapat dilakukan orang dewasa untuk lindungi anak berusia 5-11 tahun, sebelum tersedia vaksin covid19. Diantaranya, mulai dari mengenalkan protokol kesehatan hingga memastikan orang disekitar anak telah divaksin.

“Pemerintah masih terus mengkaji bersama dengan badan otoritas berwenang, mengenai keamanan vaksin covid19 untuk anak usia di bawah 12 tahun,” ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan covid19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro dalam konferensi pers secara daring, Jumat 1 Oktober 2021.

Cara lindungi anak dari covid19 yang pertama adalah mengajak orang dewasa mengenalkan protokol kesehatan ketat kepada anak, dengan belajar memakai masker, dan sering mencuci tangan. Kemudian, ajarkan kepada anak tentang ruang publik yang aman dari penyebaran virus covid19.

Baca juga: Anak Kecanduan Gadget Rentan Terkena Masalah Kejiwaan

“Agar paham tidak semua ruang publik itu aman bagi mereka dan bahkan berpergian ke luar rumah pun harus pilih-pilih, hanya ketika alasan yang kuat dan dampaknya bagus untuk anak balita, batita atau yang di bawah 12 tahun,” kata dia.

Cara kedua yakni, dengan memastikan anak di bawah usia 12 tahun mendapat imunisasi dasar lengkap, dan sesuai jadwal. Di samping itu, beri asupan gizi dan kegiatan fisik sesuai dengan grafik tumbuh kembang anak, agar anak-anak dapat bertumbuh optimal sesuai dengan usianya.

Selain itu, cara utama melindungi anak juga bisa dilakukan dengan memastikan orang dewasa di sekitarnya divaksin.

Baca Juga: KemendesPDTT Dorong Pemdes Wujudkan Desa Tanpa Kemiskinan

“Memastikan orang dewasa, di sekitar sudah divaksinasi, ayah ibu, pengasuh, asisten rumah tangga atau kalau ada kakek nenek, saudara dekat dan tinggal bersama di satu rumah, mereka yang sudah memenuhi syarat untuk divaksin, harus sesegera mungkin divaksinasi untuk memberikan perlindungan kepada anak,” katanya.

Menurut dia, pemerintah masih terus mengkaji keamanan vaksinasi untuk anak di bawah 12 tahun.

Meskipun, sejumlah produsen vaksin telah mengeluarkan pernyataan, jika produk vaksinnya terbukti aman dan memunculkan antibodi untuk anak usia 5 hingga 11 tahun.

Vaksinasi Covid19 untuk anak di bawah usia 12 tahun kata dia, saat ini masih diteliti kolega ahli terutama Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Oleh karena itu, para ahli Indonesia yang masuk dalam Indonesian Technical Advisory Gruop on Immunization (ITAGI) baru merekomendasikan vaksinasi anak baru bisa untuk di atas 12 tahun. (***)

Baca juga: Kemenkes Putuskan Disdik dan Sekolah Laksanakan Vaksinasi Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.