Ini Program Danlanal di Kampung Bahari Nusantara Parigi Moutong

Ini Program Danlanal di Kampung Bahari Nusantara Parigi Moutong
Foto: Pembukaan Program Kampung Bahari Nusantara Parigi Moutong.
Jangan Lupa Share

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu, memprogramkan lima klaster pembentukan Kampung Bahari Nusantara Parigi Moutong di Desa Sausu Tambu, Kecamatan Sausu.

“Kasal memerintahkan untuk membuat program itu,” ungkap Kolonel Marinir, Martin Luther Ginting, M. TR Hamla, di sela-sela kegiatan, Selasa 29 Juni 2021.

Lima kluster yang telah diprogramkan itu, yakni edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata serta pertahanan

Konsep Kampung Bahari Nusantara Parigi Moutong itu untuk membantu memberdayakan masyarakat pesisir yang masih memiliki banyak kekurangan. Sehingga, dilaksanakan kegiatan itu sebagai solusi.

Baca juga: Tiga Puskesmas di Parigi Moutong Resmi Beroperasi

Khusus program edukasi dari lima klaster program utama Kampung Bahari Nusantara Parigi Moutong, pihaknya telah mendirikan rumah pintar.

“Rumah pintar akan melakukan pendidikan kepada warga, anak-anak untuk belajar baik menggunakan komputer, membaca dan menggambar serta kegiatan lainnya,” sebutnya.

Baca juga: Aksi Pasangan Mesum dan Curi Kotak Amal Terekam CCTV Masjid di Maros

Diharapkan, Kampung Bahari Nusantara Parigi Moutong ini dapat bersinergi dengan Pemda dalam pemberdayaan masyarakat. Sebab, di daerah ini memiliki potensi dapat memberi keuntungan bagi desa sendiri dan Parigi Moutong dari sektor pariwisata.

“Desa Sausu Tambu ini memiliki potensi laut yang melimpah, diantaranya pohon bakau, terumbu karang yang dapat dipromosikan bagi wisata domestik dan mancanegara,” jelasnya.

Program KBN yang dilaksanakan Lanal Palu, tahun ini difokuskan diwilayah Parigi Moutong. Kemudian, tahun depan akan dilaksanakan di Kabupaten Poso, karena pihaknya menilai masyarakat pesisir perlu mendapat perhatian. Khususnya pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sebagainya.

Baca juga: Penyintas Bencana di Kota Palu Keluhkan Minimnya Air Bersih

Dalam program ini juga, pihaknya telah mendampingi masyarakat dengan membentuk kelompok-kelompok penangkaran ikan bagi nelayan, dan para pemuda diajarkan cara menyelam.

“Mereka kami bina untuk jadi salah satu masyarakat yang dapat mempromosikan KBN kedaerah luar,” tutupnya.

Danlanal Palu bersama wakil Bupati didampingi sejumlah pejabat, meresmikan Kampung Bahari Nusantara, di Desa Sausu Tambu, Selasa 29 Juni 2021.

Baca juga: Bupati Samsurizal: Isu Tanah Potensi Nikel Menyesatkan

Laporan: Novita Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post