Home PARIGI MOUTONG Ini Peran Riset Terkait Kebijakan Strategis Pembangunan Parimo

Ini Peran Riset Terkait Kebijakan Strategis Pembangunan Parimo

Ini Peran Riset Terkait Kebijakan Strategis Pembangunan Parimo
Dipan Wiraksa T, Kabid Litbang Bappelitbangda Parimo (Foto: Rafii)

Parimo, gemasulawesi.com Hasil riset memiliki peran vital terkait pengambilan kebijakan strategis pembangunan Pemda Parigi moutong (Parimo).

Menurut Kepala bidang (Kabid) Litbang, Bappelitbangda Parigi moutong (Parimo), Dipan Wiraksa T, kesimpulan riset berdasarkan kaidah ilmiah mampu memberikan sudut pandang lain dalam pengambilan keputusan kebijakan strategis pembangunan Parigi Moutong.

“Belum lama ini, kami telah melaksanakan seminar riset dan kajian potensi kebencanaan di tiga wilayah perkotaan Parimo,” ungkapnya, di ruang kerjanya, Senin, 4 November 2019.

Ia mengatakan, terdapat tiga wilayah yang menjadi fokus penelitian. Namun, akhirnya bertambah menjadi enam titik riset. Keenam wilayah itu antara lain Kelurahan Maesa, Bantaya, Kampal, Desa Olaya, Lebo dan Bambalemo.

Baca juga: Puluhan Calon Kepsek Parigi Moutong Ikuti Diklat Peningkatan Skill Manajerial

Dengan hasil riset pada enam wilayah itu kata dia, dapat menjadi inisiator penyedia alternatif kebijakan bersifat langsung ke masyarakat dengan dukungan data dan fakta valid.

“Riset dan kajian potensi bencana mengidentifikasi masalah strategis yang bersifat aktual ataupun potensi terjadi pada masa mendatang,” jelasnya.

Kajian dan riset lanjut dia, sangat berguna untuk daerah Parimo, mengingat sejarah dan kondisi geografis yang pernah dilanda bencana gempa, sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan potensi kebencanaan.

Ia menambahkan, kawasan pinggiran pantai kota Parigi merupakan salah satu kawasan permukiman yang cukup padat penduduk, jadi sangat diperlukan riset terkait potensi kebencanaan.

“Pembangunan infrastruktur atau penataan pemukiman kedepan dapat dilakukan perencanaan yang ramah gempa sebagai salah satu tindakan mitigasi atau meminimalisir kerugian yang lebih banyak,” terangnya.

Baca juga: 200 Formasi CPNS 2019, Parimo Alokasi Terbanyak Sulawesi Tengah

Manfaat selanjutnya dari hasil riset adalah menumbuhkan kepedulian warga untuk menjaga kondisi lingkungan semakin baik. Terutama menjaga kondisi air tanah agar tidak boros penggunaan.

Sebelumnya, riset potensi kebencanaan terkait potensi kegempaan, tsunami dan likuifaksi kawasan perkotaan Parigi merupakan kerjasama Universitas Tadulako Palu dan Bappelitbangda Parimo.

“Tujuan pelaksanaan riset potensi kegempaan, tsunami dan likuifaksi di kawasan perkotaan Parigi adalah untuk menganalisa stabilitas kekuatan tanah terhadap bencana liquifaksi,” ungkap Kepala Sub. bidang ekonomi dan pembangunan Bappelitbangda Parimo, Mardiana, di kantor Bappusarda.

Selain itu, riset juga berfungsi untuk mendapatkan gambaran kondisi keadaan tanah lokasi penelitian terhadap potensi liquifaksi yang kemungkinan terjadi. Riset dilaksanakan berdasarkan data bencana gempa yang sudah pernah terjadi di Parimo khususnya pada kawasan lokasi perkotaan.

“Hasil akhir penelitian dan pengembangan dapat dirumuskan dalam bentuk rekomendasi kepada kepala daerah, instansi terkait dan masyarakat umum,” tutupnya.

Baca juga: KIP Sulteng Sebut Penggunaan APBD dan APBN Wajib Publikasi

Laporan: Muhammad Rafii

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.