Ini Jadwal Penyemprotan Disinfektan Pasar Parigi

  • Whatsapp
Ini Jadwal Penyemprotan Disinfektan Pasar Parigi
Penyemprotan disinfektan di pasar.

Parigi moutong, gemasulawesi.com– Disperindag Kabupaten Parigi Moutong menjadwalkan penyemprotan cairan disinfektan ke pasar-pasar.

“Akan dilakukan penyemprotan disinfektan ke Pasar Sentral Parigi yang dijadwalkan dalam dua hari ini,” bunyi surat himbauan yang ditandatangani Kepala Disperindag Parigi Moutong, Amir Syarifuddin, Selasa 24 Maret 2020.

Bacaan Lainnya

Berikut jadwal lengkapnya, hari Kamis 26 Maret 2020, penyemprotan cairan disinfektan akan dilaksanakan di Blok A Pasar Sentral Parigi Moutong, pada pukul 13.00 WITA-selesai.

Kemudian, hari Jumat 27 Maret 2020, jadwal penyemprotan cairan disinfektan blok B Pasar Parigi Moutong hingga ke terminal, pada pukul 13.30-selesai.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama Disperindag, Dinkes dan PMI Parigi Moutong,” keterangan dalam surat himbauan.

Selanjutnya, dihimbau kepada pelaku usaha (pedagang) dan Asosiasi Pedagang Pasar Sentral Parigi Moutong, untuk mengamankan barang dagangannya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh kantor layanan publik dan fasilitas umum.

“Langkah penyemprotan cairan disinfektan di seluruh kantor layanan publik Parigi Moutong perlu dilakukan. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Parigi Moutong, Revi J.N Tilaar.

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan selama tiga hari, dimulai 18-21 Maret 2020. Kegiatan dilaksanakan setelah seluruh aktivitas perkantoran berakhir. Yaitu pada pukul 13.30 hingga 17.00 WITA.

Sedangkan, khusus untuk beberapa wilayah kecamatan, penyemprotan cairan disinfektan berada dalam tanggungjawab Fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) Kecamatan. Waktu pelaksanaannya selama dua hari, dimulai pada 19-20 Maret 2020.

“Bahan utama yang dipakai untuk campuran disinfektan adalah clorin. Dicampurkan bersama air dalam wadah penyemprot,” jelasnya.

Ia melanjutkan, penyemprotan disinfektan itu bertujuan agar mengurangi bahaya mikroorganisme terutama di lingkungan kerja.

Selain kantor layanan publik, Dinas Kesehatan juga akan melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah ibadah.

Dari pengamatan gemasulawesi.com pada kegiatan penyemprotan disinfektan, petugas nampak mencampurkan clorin (bahan yang mengandung etanol) dengan 10 liter air di lokasi target penyemprotan.

Setelah tercampur secara merata, petugas lalu menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruangan kantor tanpa ada yang terlewatkan. Tim yang terlibat sudah dibekali prinsip perilaku hidup bersih dan sehat.

Baca juga: Tangkal Corona, Dinkes Parigi Moutong Ajak Tingkatkan Imun Tubuh
Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *