Ini Jadwal Pengumuman Serentak Hasil SKD CPNS 2019

  • Whatsapp
Ini Jadwal Pengumuman Serentak Hasil SKD CPNS 2019
Peserta ujian CAT CPNS Parigi Moutong.

Jakarta, gemasulawesi.comBadan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan segera pengumuman serentak hasil Seleksi Keterampilan Dasar atau SKD CPNS 2019 setelah rekonsiliasi data dengan Panselda.

Setelah hasil rekonsiliasi dapat diunduh Instansi pusat dan daerah, kemudian pengumuman hasil SKD serentak tanggal 22-23 Maret 2020.

Bacaan Lainnya

“Rekonsiliasi pada dasarnya ditujukan untuk menyamakan kembali data-data yang sudah masuk dalam database BKN. Dan dicocokkan dengan data manual sebelum hasil ujian dipublikasikan kepada publik secara serantak,” ungkap Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Negara Suherman, dikutip dari laman resmi BKN, Rabu 11 Maret 2020.

BKN menggelar rekonsiliasi data hasil SKD CPNS tahap II untuk 260 instansi pusat dan daerah.

Pada tahap I lalu, sebanyak 261 dari 521 instansi telah melakukan rekonsiliasi data. Pada hari pertama dijadwalkan 88 instansi, dilanjutkan 83 instansi pada hari kedua dan 89 instansi pada hari ketiga.

“Rekonsiliasi bukan hanya sekedar mencocokkan data kehadiran peserta saat seleksi. Namun juga verifikasi apakah peserta itu, memenuhi syarat atau tidak untuk lolos ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” jelasnya.

Ia melanjutkan, proses rekonsiliasi juga melibatkan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Pengaasan Keuangan dan Pembangunan (BKPK).

Rencananya, jadwal SKB dimulai pada 25 Maret-10 April 2020. Namun, tetap menunggu pengumuman resmi dari BKN.

“Proses rekonsiliasi data dilakukan secara bersama-sama semua pihak yang terlibat dalam seleksi. Karena Pelaksanaan itu mesti dilakukan secara transparan. Harapannya, proses itu rampung pada 18 Maret 2020,” tegasnya.

Setelah pengumuman serentak nantinya, BKN bersama-sama Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan fokus pada persiapan soal-soal SKB.

Soal-soal yang akan diujikan dalam SKB sendiri, dibuat Intansi Pembina Jabatan Fungsional tertentu.

Sementara itu, perwakilan BPKP Rochim mengatakan, pihaknya memastikan pelaksanaan rekonsiliasi ini dilakukan berdasarkan ketentuan yang berlaku. Dan hasil yang ditetapkan sesuai dengan seharusnya.

SKB merupakan tahapan lanjutan setelah SKD. Pengumuman peserta SKB berisi jumlah peserta dengan jumlah paling banyak tiga kali kebutuhan formasi jabatan. Berdasarkan pemeringkatan nilai SKD.

Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun intansi pembina jabatan fungsional lalu akan diintegrasikan ke bank soal CAT BKN. Sedangkan jabatan pelaksanaan, materi bersifat teknis menggunakan soal SKB yang berhubungan dengan jabatan fungsional terkait.

Baca juga: WHO Minta Indonesia Umumkan Darurat Nasional Corona

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Komentar