fbpx

Ini Hasil Evaluasi Perencanaan Pembangunan Parigi Moutong 2019

waktu baca 2 menit
Kabid Dalvas Bappelitbangda Parigi Moutong, Iqbal Karim.

Parigi moutong, gemasulawesi.comBadan perencanaan pembangunan penelitian dan pengembangan daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mengevaluasi perencanaan pembangunan tahun 2019.

“Hasil evaluasinya, fokus pada titik penjabaran belanja pada dokumen Rencana kerja (Renja) ke dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) dari setiap Organisasi perangkat Daerah atau OPD,” ungkap Kabid Pengendalian dan Evaluasi (Dalvas) Bappelitbangda Parigi Moutong di ruang kerjanya, Senin 6 Januari 2020.

Walaupun secara umum kata dia, Pemda Parigi Moutong memiliki konsistensi perencanaan antar dokumen. Seperti dokumen RPJMD ke Renstra, RKPD ke Renja OPD, Renja ke RKA sudah cukup bagus.

Menurutnya, dilihat aspek jumlah program kegiatan, ketepatan program kegiatan OPD terhadap sasaran maupun tujuan dalam Renstra dan RPJMD itu sudah terarah. Hal itu menjadi masalah umum di setiap Pemda.

“Tinggal bagaimana menterjemahkan program-program mereka dari Renja OPD ke dalam belanja, sesuai dengan fokus program,” tuturnya.

Contoh programnya, pelayanan ibu hamil dan balita. Bagaimana menterjemahkan belanja program itu. Mungkin menterjemahkan hal yang utama dulu. Seperti, jumlah ibu hamil menurut data yang ada.

Dari jumlah data itu lanjut dia, diberikanlah bantuan berupa susu, makanan tambahan, vitamin atau yang lainnya.

Pertanyaannya, bagaimana cara agar manfaat program bisa sampai pada penerima sasaran. Tentunya, memerlukan akomodasi agar bisa tersalurkan. Sehingga, OPD dapat memunculkan perjalanan dinas untuk menyalurkan bantuan.

“Yang terpenting adalah perlunya pendataan akurat terkait lokasi penerima. Untuk mendukung pendataan akurat, OPD dapat mencantumkan anggaran untuk pendataan, ATK dan sebagainya,” terangnya.

Ia melanjutkan, pihaknya mengantisipasi agar perencanaan Kabupaten Parigi Moutong kedepannya semakin baik. Langkahnya dimulai dari perencanaan sesuai dengan tahapan seperti Musrenbang perkecamatan sebelum masuk di forum OPD.

Rencananya, akan ada presentasi deskripsi program dari setiap OPD. Begitu rencana program masuk ke RKA, nantinya sudah akan jelas seluruhnya.

Sebelumnya, Bappelitbangda Parigi Moutong mulai menyusun RKPD Parigi Moutong 2021. Tahapan penyusunannya, dimulai dari konsultasi publik rancangan awal RKPD 2021 pada 27 Desember 2019.

Secara umum, ada tiga tahapan perencanaan yaitu rancangan awal, rancangan dan rancangan akhir. Setelah tahapan konsultasi publik dilalui dan perbaikan hasil konsultasi publik, hasilnya kemudian diserahkan kepada Bupati melalui Sekretaris daerah (Sekda).

Laporan: Muhammad Rafii

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.