Ini Empat Pemenang Lomba Menulis Esai Parimo Gebyar Literasi 2019

182
Ini Empat Pemenang Lomba Menulis Esai Parimo Gebyar Literasi 2019
Lomba menulis esai gebyar literasi 2019 Parimo (Foto: Ist)

Parimo, gemasulawesi.com Lomba menulis esai Parigi moutong (Parimo) Gebyar Literasi 2019 yang digelar selama tiga hari telah berakhir. Empat kategori lomba telah memastikan pemenangnya.

Rincian pemenang empat kategori lomba menulis esai Parigi Moutong adalah pemenang lomba kategori SD diraih Farahdina Ilhami Putri dari SD Inpres II Bantaya. Pemenang kategori SMP diraih Safitri dari SMP Satu Atap Parigi Tengah.

Kemudian, untuk kategori SMA diraih Sagita Indah Cahyani dari SMA Negeri I Parigi dan pemenang kategori Komunitas Baca dan Pegiat Literasi diraih Syilva Muslimah dari TBM Sou Mpelava.

Kepala Balai Bahasa Sulawesi Tengah Adri mengatakan pihaknya mengapresiasi sambutan Pemda Parimo yang antusias menerima dan mendukung Gebyar Literasi 2019 digelar di Parimo. Balai Bahasa setiap tahun melaksanakan kegiatan Gebyar Literasi, namun baru kali ini, dihadiri hingga 800 peserta.

Baca juga: PMI Parimo Bekali Relawan Analisa Potensi Bencana

“Terimakasih kepada Pemda Parimo terkhusus kepada Dinas Pendidikan dan Kabudayaan (Disdikbud) Parimo yang berkenan menyambut baik program ini. Terimakasih atas kerjasama yang baik, semoga kedepannya bisa terus bekerjasama,” ungkapnya, di Gedung Indoor Kantor Bupati Parimo, Kamis, 31 Oktober 2019.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Parimo, Adrudin Nur mengatakan, Gebyar Literasi yang digelar Balai Bahasa Sulawesi Tengah menjadi motivasi bagi Dinas Pendidikan dan para pegiat literasi serta komunitas Parimo untuk lebih semangat menyebarluaskan dan membudayakan literasi kepada semua jenjang pendidikan.

“Kita sudah punya taman literasi, dari sana komunitas menghidupkan gerakan literasi rutin setiap bulan. Dengan adanya kegiatan seperti ini, menjadikan literasi kita hidup dan para pelaku menjadi bersemangat karena ada wadah dan diapresiasi,” tuturnya.

Baca juga: Soal Pendapatan, DPRD dan Manajemen RSUD Anuntaloko Parimo Beda Versi

Diketahui, lomba menulis esai gebyar literasi 2019 memiliki empat kategori yaitu kategori siswa SD, SMP, SMA/SMK dan komunitas baca atau pegiat literasi di Parimo dengan jumlah keseluruhan 800 peserta.

Gelaran gebyar literasi 2019 dihadiri sejumlah kepala OPD Parimo, Kepada Bidang Paud dan Dikmas serta jajaran pejabat dan staf Disdikbud Parimo selaku mitra panitia pelaksana provinsi.

Kemudian hadir juga, para fasilitator GLN, Saksi Ahli Bahasa, Instruktur Literasi Baca Tulis, Peneliti dan Penyuluh Bahasa Indonesia, para penulis buku seperti Pardi Salama, para pegiat literasi Provinsi Sulteng dan Parimo, pengelolah taman baca, serta Forum TBM Parimo.

Baca juga: Rekrutmen CPNS 2019, Mamuju Sulawesi Barat Dapat Kuota Delapan Formasi Guru

Laporan: Muhammad Rafii

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.