Ini Alasan Disperindag Klaim SIKIM Mampu Buka lapangan Kerja Baru

0
215

Parimo, gemasulawesi.com Ini alasan Disperindag Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) klaim SIKIM mampu membuka lapangan kerja baru.

Sentra Industri Kecil Menengah (SIKIM) mengolah berbagai produk unggulan yang memiliki nilai tambah.

“Pengolahan produk menuntut tenaga manusia mengoperasikan mesin olahan kelapa,” jelas Kabid Industri Hasil Hutan, Kerajinan, Logam, Mesin dan Aneka Alat Angkut, Disperindag Parimo, Narjan Djibran, di ruang kerjanya, 14 Agustus 2019.

Ia menegaskan, ini alasan Disperindag sehingga SIKIM membutuhkan banyak tenaga kerja yang bisa bekerja dengan handal.

Hasil produk olahan kelapa bahan padat SIKIM kata dia, antara lain briket tempurung kelapa, kopra putih dan bahan pengepel lantai dari sabut kelapa. Sedangkan produk bahan cair berupa produk VCO minyak kelapa dan natadecoco.

Ia mengakui, pengolahan briket tempurung kelapa dan sabut kelapa telah lama beroperasi sejak tahun 2018 hingga saat ini. Manfaat keberadaan SIKIM nantinya berimbas kepada petani kelapa lokal. Level pembelian buah kelapa dapat meningkat.

“Rencananya, kami akan segera melaunching pabrik SIKIM di Desa Avolua, Kecamatan Parigi Utara pada 17 Agustus 2019,” ungkapnya.

Kemudian, pada acara launching pihaknya juga akan mengumumkan kerjasama dengan beberapa investor untuk memajukan industri olahan kelapa.

Berikutnya, Perda tentang pengolahan kelapa akan segera dibuat. Tujuannya, agar kelapa yang ada di Parimo dapat dikelola mandiri.

Sementara itu, perwakilan petani kelapa, Didi haryadi, merasa sangat bersyukur dan mendukung langkah positif pengembangan SIKIM olahan kelapa.

“Kami berharap kondisi ekonomi petani kelapa dapat lebih meningkat sehingga mengurangi tingkat pengangguran,” pungkas Didi.

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan