Selasa, Mei 18, 2021

Ini 4 Fakta Menarik Balapan MotoGP Jerez 2021

Must read

Berita olahraga, gemasulawesi– Balapan MotoGP seri keempat sudah selesai digelar Minggu 2 Mei 2021, di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Berikut empat ulasan fakta menarik di MotoGP Jerez 2021.

  1. Pembalap khawatir level keselamatan tikungan 7 Sirkuit Jerez.
  2. Jack Miller menangis usai kemenangan di Moto GP Jerez 2021.
  3. Arm Pump Pupuskan Harapan Menang Quartararo.
  4. Ducati Finis 1-2 di MotoGP Jerez 2021.

Baca juga: Quartaro dan Bagnaia Prediksi Marquez Tampil Gila di Jerez 2021

Level Keamanan Sirkuit Jerez Buat Banyak Pembalap Khawatir

Pembalap MotoGP menyoroti level keselamatan Sirkuit Jerez, karena terbatasnya ruang run-off di beberapa tikungan trek yang diplot sebagai venue GP Spanyol itu.

Tikungan 7 Sirkuit Jerez menjadi perhatian menyusul kecelakaan mengerikan dialami Marc Marquez pada latihan bebas 3 MotoGP Spanyol, Sabtu 1 Mei 2021.

Pembalap Repsol Honda itu langsung menghantam air fence (pagar udara) setelah jatuh dari RC213V. Marquez segera dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan.

Rekan setimnya, Pol Espargaro juga mengalami insiden serupa di tikungan yang sama pada latihan bebas 4. Beruntung, baik ia maupun Marquez tidak mengalami cedera berarti.

Espargaro menilai masalah terbesar di area tersebut adalah kurangnya ruang run-off. Ini membuat risiko pembalap terhantam motornya menjadi lebih besar.

Sementara itu, rider Ducati Team, Jack Miller, mengatakan selain perubahan ukuran run-off, perlu juga dilakukan adalah mengganti kerikil (gravel) di area tersebut.

Masalah area run-off Jerez telah dibahas dalam pertemuan Komisi Keselamatan, Jumat 30 April 2021. Dan Franco Morbidelli mengonfirmasi beberapa perubahan akan dibuat untuk 2022, meskipun Tikungan 7 tidak termasuk.

Jack Miller Menangis Usai Menang MotoGP Jerez

Saat memarkir motor Ducati Desmosedici miliknya di parc ferme, tampak Jack Miller tak kuasa menahan air mata. Kemenangan di MotoGP Jerez punya makna spesial buatnya.

Jack Miller keluar sebagai pemenang balapan seri keempat MotoGP 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol, hari Minggu 2 Mei 2021.

Sebagai tulang punggung Ducati di MotoGP 2021, ia sempat mengawali musim dengan buruk dan sempat menjalani operasi pada arm pamp atau pompa lengan.

Tentu kemenangan di MotoGP Jerez membuktikan dirinya layak menggantikan Andrea Dovizioso sebagai andalan Ducati.

Tidak heran ia sampai merasakan emosi luar biasa usai finis terdepan balapan MotoGP Jerez. “Saya melakukan apa yang saya bisa,” tutur Miller sambil menahan tangis.

Baca juga: MotoGP Jerez 2021, Quartararo Pole Position Marquez Jatuh

Arm Pamp Pupuskan Harapan Menang Quartararo

El Diablo mengambil alih pimpinan balapan pada akhir Lap 4, sebelum kemudian mulai menciptakan keunggulan lebih dari satu detik atas para rivalnya.

Dalam perjalanan menuju podium tertinggi di Jerez, tanpa diduga, Quartararo dihantam masalah arm pamp saat pertengahan lomba.

Pembalap Yamaha itu kehilangan banyak posisi, hingga akhirnya dipaksa menelan pil pahit lantaran harus puas finis ke-13.

“Cukup mudah untuk mengetahui bahwa saya memiliki masalah besar dengan lengan. Sangat sedih karena saya merasa sangat mudah di depan. Saya bisa menyalip mereka,” tuturnya.

“Saya merasa nyaman dengan kecepatan. Kami punya kecepatan luar biasa akhir pekan ini. Namun, tidak memiliki kekuatan lagi di lengan. Sangat kecewa. Saya tetap positif dengan kecepatan yang saya lakukan, berjuang sampai akhir meskipun hanya untuk tiga poin. Saya tetap melawan dan tetap positif dengan hasil balapan,” sebut El Diablo.

Ducati Finis 1 2 di MotoGP Jerez 2021

Menurunnya performa Fabio Quartararo dan motor Yamaha dimanfaatkan betul duo Ducati: Jack Miller dan Pecco Bagnaia. Keduanya sukses finis 1 2 disusul rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli di urutan ketiga.

Hasil negatif juga didapat Valentino Rossi. Pada sirkuit di mana ia finis ketiga musim lalu, Rossi kali ini hanya finis 17 atau sekali lagi gagal finis.

Kemudian Marc Marquez mengakhiri balapan MotoGP Jerez di urutan sembilan. Hasil maksimal buatnya mengingat kondisi cederanya yang belum 100 persen fit.

Di luar dugaan, pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo tampil loyo pada seri keempat MotoGP 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol hari Minggu 2 Mei 2021.

Dia sempat memimpin jalannya balapan MotoGP Jerez secara dominan dan unggul sendirian di depan.

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article