Ingin Layanan Kependudukan Hanya Sepuluh Menit? Ini Syaratnya

1
112
Ingin Layanan Kependudukan Hanya Sepuluh Menit? Ini Syaratnya
Kadisdukcapil Parimo, Lewis (Foto: Rafii)

Parimo, gemasulawesi.com Layanan kependudukan Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Parigi moutong (Parimo) sejatinya hanya memakan waktu sepuluh menit.

“Warga yang menginginkan pelayanan cepat, sebaiknya melengkapi persyaratan yang dibutuhkan,” ungkap Kepala Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Parimo, Lewis, di ruang kerjanya, Kamis, 7 November 2019.

Ia mengatakan, syaratnya adalah membawa data diri lengkap sekeluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK). Mulai dari data akta kelahiran dan data kependudukan lainnya yang sudah ada.

Syarat lainnya lanjut dia, pengurusan layanan kependudukan Parigi Moutong tidak dapat diwakili orang lain. Alasannya, untuk memastikan pengimputan data diri serta keluarga sudah benar dan akurat.

Baca juga: Disdukcapil Kembali Buka Layanan Kependudukan Khusus Warga Suku Bela Parimo

Kemudian, setelah lengkap keseluruhan data yang dibutuhkan, operator layanan kependudukan Disdukcapil Parimo praktis tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencetak seluruh dokumen kependudukan warga dalam satu KK.

“Target kami adalah satu keluarga yang datang mengurus data kependudukan, akan membawa pulang seluruh dokumen kependudukan yang ada,” tegasnya.

Ia melanjutkan, seluruh dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), Kartu keluarga (KK), dan Kartu Indentitas Anak (KIA) mesti terbit dalam satu kali pelayanan.

Sehingga kata dia, warga tidak perlu lagi bolak-balik ke kantor Disdukcapil hanya untuk mengurus dokumen kependudukan. Dan dapat menghemat anggaran pengeluaran akomodasi.

Baca juga: Parimo Raih Penghargaan Poligon Dari Pemprov Sulteng

Namun, hingga saat ini warga nampaknya belum memahami dengan baik langkah pengurusan data kependudukan yang mudah, cepat dan hemat. Terutama warga di pedesaan.

“Melalui pelayanan kami sehari-hari merupakan modal sosialisasi terkait pelayanan kependudukan cepat, akurat dan murah. Warga yang sudah merasakan pelayanan itulah yang diharapkan mensosialisasikan kepada warga lainnya,” jelasnya.

Ditambah lagi, hingga saat ini pihaknya juga sudah melaksanakan layanan kependudukan secara mobile ke 18 kecamatan di Parimo. Diluar kecamatan ex Parigi dan Tinombo.

Sebelumnya, Disdukcapil Parimo juga berencana membuka kembali layanan kependudukan kepada warga suku Bela (Lauje) di Kecamatan Palasa dan layanan khusus di RS Anuntaloko.

“Kami melihat layanan kependudukan masih dibutuhkan, sehingga kami berencana menurunkan personil dalam waktu dekat,” tutupnya.

Baca juga: Parimo Dapat Jatah 139 Formasi Guru CPNS 2019

Laporan: Muhammad Rafii

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan