Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Indonesia Tuntaskan Penyuntikan 90 Juta Dosis Vaksin Covid19

Indonesia Tuntaskan Penyuntikan 90 Juta Dosis Vaksin Covid19
Foto: Illustrasi penyuntikan vaksin Covid19.

Gemasulawesi– Kementerian Kesehatan telah menuntaskan penyuntikan 90 juta dosis vaksin Covid19 kepada masyarakat. Capaian vaksin dosis pertama dan kedua itu, membuat Indonesia masuk dalam peringkat sembilan terbanyak di dunia.

“Per hari ini (Senin 23 Agustus 2021) Indonesia sudah menyuntikkan 90 juta dosis disuntikan,” ungkap Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam agenda konferensi pers secara virtual yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin 23 Agustus 2021 malam.

Bahkan dari penyuntikan 90 juta dosis vaksin Covid19, Budi mengatakan Indonesia juga masuk dalam peringkat keenam dunia untuk jumlah peserta vaksinasi sebanyak 58 juta orang.

Baca juga: Vaksinasi di Indonesia Tembus 52 Juta Suntikan

Menurut dia, pada Agustus 2021 Indonesia akan kedatangan 62,6 juta dosis vaksin covid19. Jika dibandingkan periode Januari-Juli 2021, total vaksin telah diterima Indonesia berjumlah total 90 juta dosis.

“Agustus saja kita akan kedatangan 62,6 juta dosis dan di Bulan Agustus ini kita sudah kedatangan 1,56 juta dosis Pfizer dibeli langsung dari Pfizer oleh pemerintah,” kata dia.

Pada akhir Agustus 2021, kata Budi, Indonesia juga dijadwalkan kedatangan 4,6 juta dosis Pfizer hasil kerja sama multilateral sebagai vaksin gratis dari Covax Facility.

Baca juga: Baru 17 Juta Orang Penerima Vaksin Covid19 Secara Lengkap di Indonesia

Sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo kata dia, saat vaksin tiba di Tanah Air harus segera disuntikkan kepada masyarakat.

“Jadi jangan ditahan sebagai stok vaksin. Segera disuntikkan, dikirimkan ke provinsi. Provinsi juga diminta segera mengirimkan ke kabupaten/kota,” ujarnya.

Baca juga: Ketua DPRD Sayutin Siap Ikut Suntik Vaksin Covid 19 di Parimo

Jokowi perintahkan penyuntikan vaksin kepada 100 juta orang

Sementara itu, Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar menyuntikkan vaksin kepada 100 juta orang pada akhir Agustus mendatang.

“Saat ini 90,59 juta dosis sudah disuntikkan. Saya minta kepada Menkes, sampai akhir bulan Agustus kita harus bisa mencapai penyuntikan lebih dari 100 juta dosis vaksin,” kata Jokowi di dalam konferensi pers nya, Senin malam.

Jokowi juga menyatakan keterlibatan aparat TNI dan Polri untuk melakukan penelusuran atau tracing telah berkontribusi terhadap peningkatan rasio kontak erat. Dia mencatat data per Agustus 2021 ini, rasio kontak erat capai 6,5.

Baca juga: 291 Ribu Warga Sudah Ikuti Vaksinasi di Sulawesi Tengah

“Ini jauh meningkat dibanding pada 31 Juli yang berada pada posisi 1,9,” kata dia.

Secara umum, Presiden Jokowi menyampaikan tingkat penularan virus corona sudah berkurang signifikan.

Namun, dia berharap masyarakat tetap berhati-hati dan waspada serta mematuhi protokol kesehatan. (***)

Baca juga: Penyaluran Beras Bantuan Dinsos Parigi Moutong Dipastikan Tuntas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post