Indonesia Kembangkan Desa Wisata Destinasi Pariwisata Kelas Dunia

Indonesia Kembangkan Desa Wisata Destinasi Pariwisata Kelas Dunia
Foto: Illustrasi Desa Wisata.
Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesi– Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah melakukan pengembangan program unggulan, desa wisata yang kini telah banyak menarik perhatian wisatawan.

“Salah satu program unggulan pengembangan pariwisata yang saat ini menjadi fokus pemerintah khususnya oleh Kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif badan pariwisata dan ekonomi kreatif adalah pengembangan desa wisata,” ungkap Vinsensius Jemadu, Deputi bidang pengembangan destinasi dan infrastruktur, dalam Bimtek dan Workshop Anugerah Desa Wisata 2021, Rabu 14 Juli 2021.

Dari perspektif pengembangan pariwisata nasional, pengembangan destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan harusnya dimulai dari pengembangan wisata perdesaan. Ketangguhan pariwisata nasional terdapat di perdesaan.

Baca juga: Edaran PPKM Parigi Moutong, Jam Operasional Pelaku Usaha Dibatasi

Tujuan diselenggarakannya ADWI 2021, adalah untuk menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata kelas dunia.

Selain itu, mampu mendorong pembangunan daerah kesejahteraan masyarakat. Tentunya juga sebagai ajang promosi kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca juga: Riznu Fitra Inisiatif Kembangkan Pariwisata di Parigi Moutong

ADWI tahun 2021, memiliki tema Indonesia Bangkit yang diharapkan dapat mendorong semua pelaku industri kreatif untuk dapat menjadikan desa, mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat dan bangkit kembali dari keterpurukan akibat pandemi covid 19.

Pemilihan ADWI tahun ini, terdiri dari tujuh kategori penilaian, yaitu homestay, toilet, suvenir, desa digital CHSE, konten kreatif dan daya tarik wisata.

“Kategori penilaian dapat menjadi tolak ukur bagi pengelola dan pelaku ekonomi di desa untuk mengembangkan desa agar lebih berkualitas dan berkelanjutan,” kata dia.

Baca juga: Meski Pandemi Corona, Sulteng Tetap Izinkan Objek Wisata 

Launching ADWI 2021

Launching ADWI 2021 telah dilakukan pada 30 April 2021. Rangkaian selanjutnya adalah registrasi para pelaku desa melalui website. Nantinya, setelah proses ini selesai akan dilakukan kurasi serta penilaian dewan Juri. Pemenangnya akan ditentukan pada 7 Desember 2021 mendatang.

Sebelumnya, pengembangan desa wisata terus dilakukan di Bali. Bahkan, seluruh desa disana, diharapkan segera bisa tersertifikasi cleanliness, health, safety and environment sustainability (CHSE) pada tahun ini. Pengelola desa diharapkan bergegas mengurus hal itu.

Apalagi pada tahun ini Bali memperoleh program sertifikasi CHSE untuk 1.200 obyek kategori hotel dan non hotel secara gratis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). (***)

Baca juga: Gubernur Sulteng Positif Covid-19, Pemerintahan Berjalan Virtual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post