Ikuti Simulasi CAT Dan SKD CPNS 2019 Di Website Resmi BKN

Sambil Menunggu Hasil Seleksi Administrasi

0
173
Ikuti Simulasi CAT Dan SKD CPNS 2019 Di Website Resmi BKN

Jakarta, gemasulawesi.com- Sambil menunggu hasil seleksi administrasi tidak ada salahnya jika calon peserta ujian seleksi CPNS 2019 untuk ikuti latihan simulasi CAT Badan Kepegawaiaan Negara (BKN) dan latihan SKD CPNS 2019.

Sebagai informasi, pendaftaran CPNS 2019 untuk pelamaran formasi di sebagian instansi telah ditutup pada 25 November 2019. Namun, sebagian instansi lainnya masih memperpanjang masa pendaftaran hingga 30 November mendatang.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah pelamar yang sudah membikin akun di portal SSCN menembus angka 4,8 juta orang. Angka yang dilansir akun facebook resmi BKN tersebut adalah data per pukul 15.43 WIB, Senin, 25 November 2019.

Apabila jutaan pelamar itu dinyatakan lolos seleksi administrasi, mereka harus bersiap untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Untuk diketahui, passing grade atau nilai ambang batas SKD CPNS 2019 lebih rendah daripada yang dipatok pada 2018. Sesuai dengan ketentuan dalam Permenpan-RB Nomor 24 Tahun 2019, passing grade SKD CPNS 2019 adalah 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 di Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 65 pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sementara passing grade SKD CPNS pada 2018 lalu lebih tinggi, yakni nilai TKP sebesar 143, TIU 80 dan TWK 75. Dengan demikian, passing grade turun untuk TKP dan TWK. Permenpan-RB Nomor 24 Tahun 2019 juga mengatur total jumlah soal dalam SKD CPNS 2019 sebanyak 100 butir. Detailnya adalah jumlah soal TKP sebanyak 35, TIU 35 dan TWK 30. Dalam TIU dan TWK, apabila peserta menjawab benar pada satu soal, nilainya 5. Jika jawaban peserta ujian salah atau tidak menjawab maka nilainya nol. Sedangkan dalam TKP, nilai untuk jawaban peserta paling rendah adalah 1 dan tertinggi 5. Jika peserta tidak memberikan jawaban di TKP, nilainya nol. Dengan skema penilaian itu, nilai kumulatif maksimal yang dapat diperoleh peserta SKD CPNS 2019 sebesar 500. Angka 500 tersebut gabungan dari nilai maksimal TKP 175, TIU 175 dan TWK 150. Adapun pelaksanaan ujian SKD CPNS 2019, sebagaimana tahun lalu, juga akan dilaksanakan dengan memakai sistem berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN. Para pelamar CPNS 2019 dapat melakukan latihan SKD berbasis CAT dengan mengakses laman resmi milik BKN untuk simulasi ujian tersebut. Baca juga: Perpanjangan Pendaftaran CPNS 2019 di 10 Instansi Usai 25 November Kepala Sub Bidang Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi BKN, Efni Surayadi sudah pernah mengimbau masyarakat berlatih menjawab soal-soal SKD dengan mengakses situs resmi, yakni cat.bkn.go.id. Selain menyediakan layanan gratis, kata Efni, soal-soal simulasi yang disediakan portal itu resmi dari bank data milik BKN.

“Tentu sah-sah saja apabila masyarakat ingin melakukan simulasi soal SKD di banyak tempat. Namun, BKN tidak menjamin kualitasnya,” kata dia pada 14 Oktober 2019 lalu.

Seperti dilansir laman BKN. “Saat ini, BKN hanya memfasilitasi simulasi soal SKD melalui website yang dapat diakses di alamat cat.bkn.go.id,” tambah Efni. Namun, kuota maksimal yang dapat mendaftar untuk ikuti simulasi soal-soal SKD di laman cat.bkn.go.id hanya 1500 orang per hari.

Kata Efni, jumlah pengguna dibatasi agar kualitas akses publik pada situs tersebut terjaga kualitasnya. Panduan Latihan Simulasi CAT BKN Ada sejumlah langkah yang harus dilakukan ketika hendak menggunakan fasilitas simulasi menjawab soal SKD di laman CAT BKN. Langkah-langkah itu seperti pendaftaran akun dan login. Apabila proses pendaftaran berhasil, proses simulasi atau latihan menjawab soal bisa dilakukan.

Berikut ini cara ikuti simulasi CAT:

Cara Buat Akun CAT BKN dan Login:

  1. Buka situs CAT BKN pada alamat portal cat.bkn.go.id
  2. Klik menu Simulasi pada sudut kanan atas layar
  3. Jika sudah pernah mendaftarkan akun, klik submenu Mulai Simulasi CAT
  4. Jika belum memiliki akun (belum pernah daftar), klik submenu Daftar
  5. Pada kolom yang tersedia, tulis nama lengkap, alamat email, password, konfirmasi password, tempat lahir, dan tanggal lahir. Lalu centang jenis kelamin. Klik ikon kotak I’m not robot. Lalu, klik ikon Simpan.
  6. Jika muncul notifikasi konfirmasi email, klik ikon Email Saya Sudah Benar
  7. Lalu, buka email, untuk melihat kiriman pesan baru dari CAT BKN berisi angka kode aktivasi login
  8. Masukkan angka kode aktivasi pada kolom yang muncul di layar Cara Simulasi SKD di CAT BKN
  9. Setelah aktivasi akun untuk login berhasil, klik ikon Mulai Simulasi
  10. Kemudian, klik ikon Mulai Ujian
  11. Setelah itu, muncul halaman berisi soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  12. Di sudut kanan layar terdapat info: Jumlah Soal 100 dan Batas Waktu Ujian 90 Menit
  13. Klik jawaban pilihan ganda pada setiap soal yang diselesaikan
  14. Jika sudah memilih jawaban pilihan ganda, klik ikon Simpan dan Lanjutkan (di sudut kiri bawah layar)
  15. Tapi, jika mau melewatkan soal, klik ikon Lewatkan Soal Ini
  16. Jika sudah melewati 30 soal, pertanyaan ujian akan beralih ke topik Tes Intelegensia Umum (TIU)
  17. Tetap kerjakan soal dengan cara seperti sebelumnya
  18. Jika sudah sampai soal nomor 65, ujian akan berganti ke topik Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  19. Jika TKP selesai, seluruh soal yang dikerjakan totalnya berjumlah 100
  20. Jika ingin memperbaiki lagi jawaban, klik nomor soal yang terdapat di bagian bawah layar
  21. Jika sudah yakin dengan semua jawaban, klik ikon Selesai Ujian (di sudut kanan atas layar)
  22. Lalu, ada pilihan klik ikon YA atau TIDAK
  23. Klik ikon YA jika sudah yakin dengan semua jawaban. Klik ikon TIDAK jika belum yakin
  24. Jika sudah klik ikon YA, nilai yang diperoleh dalam simulasi ujian CAT SKD akan ditampilkan Cara Mengulangi Simulasi SKD di CAT BKN
  25. Jika ingin mengulangi simulasi SKD lagi, buka kembali laman cat.bkn.go.id
  26. Lalu, klik menu Simulasi
  27. Kemudian, klik submenu Mulai Simulasi CAT
  28. Login dengan email dan password yang sudah didaftarkan
  29. Lalu, klik ikon Menu Ujian
  30. Kerjakan soal yang tampil di layar Sebagai informasi, tata cara melakukan simulasi CAT SKD pada laman cat.bkn.go.id di atas dilakukan dengan memakai komputer PC. Apabila, membuka laman cat.bkn.go.id dengan smartphone, anda harus mengatur tampilan layar pada browser anda dalam versi Situs Dekstop. Sementara cara daftar, login dan simulasi ujian CAT BKN di smartphone hampir sama dengan komputer PC. (**)

Baca Juga: BKPSDM Parigi Moutong Mulai Verifikasi Berkas Faktual Pelamar CPNS 2020

Baca selengkapnya di artikel “Panduan Simulasi CAT BKN dan Latihan SKD CPNS 2019 di Portal Resmi”, https://tirto.id/emlx

Tinggalkan Balasan