Huntara Warga Korban Banjir Bandang Torue Bakal Disiapkan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Sejumlah rumah warga rusak berat akibat banjir bandang Desa Torue

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Hunian sementara (Huntara) warga korban banjir bandang Desa Torue, bakal dibangun, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, telah menyiapkan lahan satu hektare.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Parigi Moutong, Idran saat ditemui, Rabu 03 Agustus 2022.

“Untuk keadaan tanah sudah mencapai 60 persen baik keadaan tanah maupun harganya dan saat ini tinggal menunggu pemerintah daerah membayar nilai tanah dan lokasinya ada di Dusun Lima Desa Torue” kata Kepala BPBD Parigi Moutong, Idran, ditemui Rabu 03 Agustus 2022.

Tujuannya adalah untuk memvalidasi data agar tidak terjadi simpang siur data. Bahkan, pihaknya juga melibatkan pemerintah kecamatan dan desa dalam proses ini untuk memberikan masukan dalam menentukan data jumlah huntara bagi warga korban banjir yang bakal dibangun.

Baca: Enam Unit Mobil Tanki Air Bersih Suplai Korban Banjir Torue

“Sebelum penetapan data, pemerintah desa bisa memberikan informasi apakah ada warga yang memenuhi syarat belum dimasukkan, namun setelah ada usulan langsung, tim mengkaji kelapangan apakah layak atau tidak,” jelasnya.

Ia mengaku, sesuai arahan Kepala BNPB dan Gubernur Sulawesi Tengah, pihaknya melaksanakan pembangunan huntara bagi korban banjir Torue, melalui dana siap pakai (DSP) yang tersedia dan dicadangkan oleh Pemerintah.

Ia mengatakan, dana tersebut digunakan pada saat darurat bencana, dalam keadaan tertentu dan dengan mempertimbangkan risiko bencana yang berdampak luas, sebagaimana ditetapkan oleh Kepala BNPB.

“Dananya berasal dari provinsi dan akan diinvestasikan oleh pihak ketiga untuk membangun huntara bagi korban banjir,” ujarnya.

Disebutkan pula, penentuan besaran dan perkiraan nilai tergantung keputusan BNPB saat mengelontorkan dana pembangunan hunian untuk daerah bencana, yang didasarkan pada data hasil assessment.

Ia menambahkan, saat ini data awal yang masuk di seluruh kecamatan Torue untuk Kota Torue, warga terdampak banjir, 472 KK dan Tolai bersaudara Tolai, Tolai Barat dan Tolai Timur hingga 125 KK.

“Data menunjukkan 30 rumah rusak berat, delapan rumah hilang di wilayah Torue, Desa Tolai bersaudara, 11 unit rusak berat, empat unit rusak ringan dan dua unit rusak ringan,” tutupnya. (*/Ikh)

Baca: Ratusan Polisi Bantu Penanganan Pasca Banjir Bandang di Torue

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.