Resmi! Pemerintah Tetapkan Lebaran Jatuh Pada Hari Senin 2 Mei 2022

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama

Nasional, gemasulawesi – Pemerintah telah memutuskan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada 2 Mei 2022. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama pada Minggu, 1 Mei 2022.

Sidang Isbat digelar di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Republik Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Sidang tersebut juga dihadiri oleh ormas Islam dan duta besar dari negara sahabat.

“Hasil ketetapan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022,” Kata Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama di konferensi sidang isbat yang diadakan secara daring senin malam.

Tahapan Sidang Isbat

Dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, Direktur Agama Islam dan Syariah Kementerian Agama (Urais dan Binsyar), Adib mengatakan sidang Isbat berlangsung secara bertahap. 

Adib juga menjelaskan, bahwa penetapan siding isbat dijelaskan berdasarkan penetapan posisi hilal oleh Tim Penyatuan Kalender Hijriah Kementrian Agama, dengan hasil informasi yang di gelar di 99 titik di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta entitas lainnya.

“Penetapan awal syawal 1443 H juga di tentukan dengan mempertimbangkan hasil rukyat serta pertimbangan dan masukan dari peserta sidang,” jelasnya.

Muhammadiyah

Sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memutuskan bahwa 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin 2 Mei 2022.

Hal itu tertuang dalam keterangan nomor 01/MLM/I .0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1443 H.

Dalam penetapan ini Muhammadiyah menggunakan metode penghitungan hakiki manifestul hilal yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Artinya jika dihitung sampai hitungan ini, Idul Fitri 2022 kurang dari satu hari lagi dari hari ini  atau besok.

Merujuk pada pengumuman yang sama, Muhammadiyah juga menyampaikan bahwa 1 Ramadhan 1443H jatuh pada hari Sabtu (2/4/2022). (*)

Baca: Idul Fitri 2022 Jatuh Tanggal Berapa? Ini Keterangan Kemenag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.