Jumat, April 23, 2021

Hari Ini, Kota Poso Catat Kualitas Udara Tersehat Sulawesi Tengah

Must read

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Data permodelan AirVisual hari ini, Kota Poso mencatat kualitas udara tersehat Sulawesi Tengah.

Selain Kota Poso dengan kualitas udara tersehat Sulawesi Tengah, tercatat 13 daerah lainnya di Indonesia juga miliki skor sama. Indeks kualitas udara (AQI) 13.

Kualitas udara di Jayapura (Papua) Selasa, 6 April 2021 sore menurut permodelan AirVisual, AQI Jayapura berada di angka 9 pukul 17:00 WIB.

Rekor Jayapura termasuk yang terendah di antara spot lain di Indonesia, seperti Samarinda (Kalimantan Timur) dengan AQI 11.

Datanya tidak berbeda dibanding kemarin dan terbilang sehat. Data kualitas udara menunjukkan semakin rendah nilainya, maka udara semakin sehat.

Di sisi lain, spot yang diprediksi memiliki kualitas udara terburuk di Indonesia adalah di Surabaya (Jawa Timur) dengan AQI 89, disusul Bekasi (Jawa Barat) dengan AQI 88.

Update Cuaca Seminggu Kedepan

Terkait cuaca, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk waspadai bibit siklon tropis di Sulawesi Tengah dan beberapa wilayah Indonesia.

“Bibit siklon tropis ini dapat memicu terjadinya cuaca ekstrem,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto melalui keterangan tertulis.

Baca juga: BMKG: Waspadai Bibit Siklon Tropis di Sulawesi Tengah

Ia mengatakan, bibit siklon di Sulawesi Tengah dan daerah Indonesia lainnya menguat dalam 24 jam ke depan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia.

Peringatan dini BMKG yaitu adanya dua bibit siklon tropis di Sulawesi Tengah (kategori 90S dan 99S).

“Cuaca ekstrem berupa hujan lebat, sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan,” jelasnya.

Baca juga: Sertifikat Pendidik Menjadi Syarat Pendaftaran CPNS 2019 Formasi Guru

Walaupun, diprakirakan bibit siklon tropis menjauhi wilayah di Sulawesi Tengah dan Indonesia umumnya.

Secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tropis di Sulawesi Tengah dapat berpotensi memicu terjadinya cuaca ekstrem.

“Wilayah lain berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat dalam sepekan ke depan meliputi wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung dan Sumatera Selatan,” tutupnya.

Baca juga: Bangun Bandar Udara Butuh SK Penlok Menhub

Baca juga: Kemenag Sulteng Gelar Kegiatan Peningkatan Kualitas Pengurus

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article