Harga Jual Minyak Goreng di Parigi Moutong Masih di Atas Rp 14 Ribu

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Stok Minyak Goreng Kemasan Premium. (Foto/Istimewa gemasulawesi.com)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi.com- Minyak goreng masih dijual dengan harga di atas Rp 14 ribu per liter pada pasar tradisional di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi tengah.

Padahal, sebelumnya pemerintah telah resmi menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp 14 ribu per liternya.

Penelusuran gemasulawesi.com, sejumlah pedagang pada salah satu pasar tradisional menjual harga minyak goreng dikisaran Rp 16 ribu – Rp 18 ribu per liternya.

Baca: Rachmat Gobel: Pemerintah Mesti Konsisten Lindungi Pemasok Kecil

Terkait persoalan itu, Kepala bidang Perdagangan pada Disperindag Kabupaten Parigi Moutong, Jalaludin mengatakan, khusus untuk pasar tradisional masih menghabiskan minyak stok lama.

“Mereka menjual masih stok harga lama, jika dijual dibawah harga modal tentu pedagang bisa merugi,” terang Jalaludin, di Parigi, Kamis 3 Februari 2022.

Pihak Disperindag kata dia, selama enam bulan ini tetap mengontrol harga kebutuhan bahan pokok yang ada di pasar.

Baca: Harga Minyak Goreng Kemasan di Parigi Moutong Naik

Sementara untuk ritel modern, seperti, Alfamidi, Indomaret dan swalayan telah mengikuti harga sesuai dengan ketetapan dari pemerintah Rp 14 ribu per liternya.

“Pada sejumlah ritel modern juga ada minyak stok lama yang harus dihabiskan, tetapi untuk kemasan tertentu harga tetap mengacu pada ketetapan pemerintah,” terangnya.

Sementara terkait minyak kampung kata dia, tetap dijual dengan harga yang cukup tinggi karena tidak bisa disimpan lama seperti minyak premium berkemasan.

Baca: Kemendag Diminta Konsisten Menerapkan Kebijakan HET Minyak Goreng

Jika ada kata dia, ritel modern yang berani menjual minyak stok barunya diatas harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah maka, akan ada sanksi diberikan kepada ritel tersebut.

“Pembelian masih dibatasi 2 liter per orang, ada tim yang mengontrol harga jual minyak pada ritel-ritel modern itu,” tegasnya. (wd/fan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.