Hakim Putuskan Samsurizal Cs Kembalikan Dana 4,9 Miliar Rupiah

waktu baca 2 menit
Sidang Hantje vs Bupati Parigi Moutong- Hakim membacakan putusan sidang pengusaha Hantje Yohanis versus Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu, di PN Parigi, Rabu 5 Februari 2020. GemasulawesiFoto/Aksa.

Parigi moutong, gemasulawesi.comMajelis Hakim sidang perkara pengusaha Hantje Yohanis versus Bupati Parigi Moutong (Parimo), memutuskan tergugat Samsurizal dan turut tergugat kembalikan 4,9 Miliar Rupiah.

“Menuntut tergugat dan turut tergugat, tanggungrenteng mengembalikan kepada penggugat secara seketika,” ungkap Ketua Majelis Hakim sidang pengusaha Hantje Yohanis vs Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu, Dwi Sugianto saat membacakan putusan di PN Parigi, Rabu 5 Februari 2020.

Selanjutnya, dalam fakta persidangan hakim juga memutuskan tergugat dan turut tergugat, membayar ganti rugi inmateril senilai 24 Juta Rupiah secara tanggungrenteng. Nilai kerugian dihitung dari pengajuan somasi penggugat pada 25 Agustus 2019.

Hakim menyebutkan, putusan itu telah melalui pertimbangan antara lain tergugat dan turut tergugat tidak memberikan bukti sanggahan terhadap tuntutan dari penggugat Hantje Yohanis dalam beberapa persidangan sebelumnya.

Dalam pertimbangan lainnya hakim juga menyebutkan, dalam fakta persidangan yang tidak bisa disanggah tergugat dan turut tergugat. Adanya pertemuan antara Hantje Yohanis dan Samsurizal Tombolotutu.

Baca juga: ‘Kode Babe Untuk Samsurizal’ Dalam Pusaran Hutang Pengusaha Hantje Yohanis

Baca juga: Nico Rantung Disebut Memfasilitasi Pertemuan Hantje Dan Bupati Parimo

“Pertimbangan Hakim sesuai dengan fakta persidangan, ada keperluan peminjaman dana untuk dipakai keperluan Pilkada. Disertai dengan bukti transfer kepada tergugat dan turut tergugat,” jelas Hakim membacakan putusan sidang.

Melihat fakta persidangan, Majelis Hakim punya persangkaan umum adanya perjanjian lisan antara Hantje dan Samsurizal. Sehingga, Hakim menganggap perjanjian lisan mengikat secara hukum.

Kemudian, menimbang adanya bukti komunikasi antara Hantje dan tergugat serta turut tergugat. Yang ditandai dengan bukti percakapan hingga kode ‘Babe’ sebagai inisial Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu. Serta pertimbangan Hakim lainnya yang patut dipertimbangkan untuk dikabulkannya tuntutan penggugat.

Pada akhir persidangan, Hakim juga mempersilahkan tergugat dan turut tergugat melalui pengacaranya, untuk dapat menempuh jalur hukum lainnya, terkait putusan itu sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: Fakta Sidang Ungkap Hantje Dan Bupati Parigi Moutong Sering Bertemu

Baca juga: Sidang Hantje vs Bupati Parigi Moutong, Terungkap Nico cs Minta Dana Untuk Mahar Partai

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.