Gubernur Sulawesi Tengah Minta Bupati-Wali Kota Palu Kurangi Kemiskinan

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), himbau agar Bupati di 12 Kabupaten dan juga Wali Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah untuk mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk kurangi angka kemiskinan di daerah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rusdy Mastura Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk kurangi angka kemiskinan, saat dihubungi di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat, 20 Mei 2022.

“Bupati dan walikota harus mendorong organisasi pemerintah daerah (OPD) di daerahnya masing-masing agar memfokuskan programnya pada pengurangan angka kemiskinan daerah,” kata Gubernur Sulteng Rusdy Mastura.

Ia juga mengatakan, angka kemiskinan di Sulawesi Tengah turun satu persen. Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura memperkirakan penurunan tersebut dipengaruhi oleh pergerakan aktivitas ekonomi atau intervensi ekonomi.

Rusdy Mastura juga mengatakan, “Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan penunjang pemulihan ekonomi masyarakat telah berjalan dengan baik.

Berdasarkan laporan data BPS Sulteng periode Maret 2021, tingkat kemiskinan di Sulawesi Tengah sebesar 13%. Dengan demikian, untuk periode September 2021, kemiskinan 12,18%, turun 0,82 poin.

Ia juga menjelaskan, intervensi terhadap kemiskinan daerah dilakukan dengan memberikan akses keuangan kepada masyarakat sehingga mereka dapat memiliki modal untuk mendorong kerajinan tangan dan lain-lainnya.

“Bupati dan Walikota Palu harus membantu masyarakat menikmati kemudahan mendapatkan dana KUR untuk pengembangan UMKM guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Melalui kerja sama ini, petani, nelayan, pekebun, peternak, dan usaha mikro, kecil, dan menengah dapat memperoleh akses permodalan.

Baca: Pemprov Sulawesi Tengah Himbau Warga Tenang Hadapi Wabah PMK

Padahal, katanya, bank penyalur KUR menawarkan kemudahan, artinya warga bisa mendapatkan pinjaman di bawah Rp 100 juta tanpa jaminan.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, kata Rusdy, telah bermitra dengan bank pipa KUR sebagai bagian dari peningkatan perekonomian masyarakat.

Baca: Pulau Tegal Mas Lampung, Keindahannya Setara Maldives!

Intervensi lainnya meliputi pengetahuan dan pendidikan serta peningkatan keterampilan untuk mengubah kebiasaan/perilaku masyarakat untuk berinovasi. (*)

Baca: Oknum Polisi Dibayar 200 Juta Bunuh Pegawai Dishub di Makassar

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.