Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Gubernur Sulawesi Tengah Koordinasi Penanganan Covid19 di Desa

Gubernur Sulawesi Tengah Koordinasi Penanganan Covid19 di Desa
Foto: Rakor Gubernur Sulawesi Tengah terkait covid19.

Gemasulawesi– Gubernur Sulawesi Tengah laksanakan Rapat koordinasi (Rakor) tentang penanganan Covid19 di desa dengan sejumlah Kades.

Gubernur koordinasi terkait tentang penanganan Covid19 di desa bersama Kades, mulai dari Kabupaten Morowali, Banggai, Tojo Una-Una (Touna) dan Buol secara virtual, Senin 23 Agustus 2021. 

“Saya ingin mengenal kepala-kepala desa secara dekat, sekaligus dialog menyangkut posko desa dan penyerapan dana desa untuk Covid19,” ungkap Gubernur H Rusdy Mastura.

Baca juga: Kecamatan Akan Terima ‘Hadiah’ Satu Milyar

Dari beberapa sampel desa kata dia, pihaknya melihat penerapan posko desa dan penyerapan dana desa untuk penanganan Covid19 di desa tidak menemui kendala berarti.

Penanganan covid19 di desa misalnya, Desa Moleono, Kabupaten Morowali Utara, kepala desanya melaporkan dari alokasi delapan persen dana desa untuk penanganan Covid19, telah teralisasi sebanyak 73 persen.

Alokasi anggaran itu lanjutnya, digunakan untuk kegiatan posko desa, rumah isolasi, dapur umum, dan lumbung pangan serta penyemprotan disinfektan tiap seminggu sekali.

Baca juga: Polisi Bekuk Pelaku Curanmor di Pantoloan, Kota Palu

“Kalau semua desa seperti itu, saya percaya Covid19 bisa kita atasi,” kata dia.

Bahkan laporan beberapa kepala desa lainnya, diantaranya Desa Louk Kabupaten Banggai, Desa Padang Tumbuo Kabupaten Touna, Desa Batu Rata Kabupaten Buol, terungkap tidak ditemukan warga terkonfirmasi Covid19.

“Saya bersyukur dan berterima kasih berkat peran Kadis PMD Provinsi dan kabupaten yang telah bergerak cepat mengambil langkah-langkah strategis,” ujarnya.

Baca juga: Samsurizal: Pembukaan Lahan Baru Harus Sesuai Aturan

Gubernur beri hadiah sepeda motor kepada desa dengan penanganan covid19 terbaik

Pada kesempatan itu, Gubernur juga sempat menyinggung tentang rencana pemberian sepeda motor sebagai hadiah kepada kepada desa, dianggap baik dalam penanganan Covid19 di daerahnya.

“Pemberian hadiah sebagai bentuk apreasi kami kepada kepala desa. Nantinya yang menilai adalah Wali Kota dan Bupatinya,” pungkasnya.

Turut hadir secara virtual dalam rapat koordinasi itu, diantaranya Ridha Saleh, Kepala PMD Provinsi Sulawesi Tengah, dan Kabupaten se Sulawesi Tengah, Sekretatis Desa, dan tim pendamping desa.

Baca juga: Kades di Sulteng Akan Dapat Motor Bila Mampu Tangani Covid19

Sebelumnya, Gubernur Sulteng juga sempat melaksanakan Rakor dengan sejumlah kepala daerah, tunjuannya untuk mengetahui langkah strategis penanganan Covid19 di daerahnya masing-masing.

Pada kesempatan itu, Gubernur meminta kepala daerah menurunkan mobilitas masyarakat, dan terus mendorong agar penerapan protokol kesehatan tetap dijalankan, guna memutus rantai penularan Covid19. (***)

Baca juga: Polisi Bekuk Pelaku Curanmor di Pantoloan, Kota Palu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post