Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Gubernur Sulawesi Tengah Jadikan Sigi Pusat Agrowisata-Agroindustri

Gubernur Sulawesi Tengah Jadikan Sigi Pusat Agrowisata-Agroindustri
Foto: Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura.

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi- Gubernur Sulawesi Tengah akan menjadikan Kabupaten Sigi menjadi pusat agrowisata-agroindustri. Sesuai harapan dari Pemda untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur.

“Itu untuk peningkatan nilai tukar petani,” ungkap Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, saat audiensi dengan Bupati Sigi Mohamad Irwan di Kantor Gubernur, Selasa 6 Juli 2021.

Sejalan dengan agrowisata-agroindustri di Sigi, Pemprov Sulawesi Tengah akan membuka akses pasar dengan menggenjot infrastruktur.

Menurutnya, akses pasar sejalan dengan agrowisata-agroindustri harus dibuka dengan membangun infrastruktur memadai. Dengan membangun akses jalan Sigi – Watatu Donggala.

Baca juga: Gubernur Minta Dukungan Wujudkan Sulawesi Tengah Lebih

Pasalnya, di sana akan dibangun pelabuhan untuk mempercepat jalur pemasaran hasil pertanian ke Kalimantan.

“Kita tingkatkan dulu fiskal daerah sehingga pembiayaan untuk peningkatan infrastruktur untuk mendukung ekonomi masyarakat dapat kita laksanakan. Kita berdoa agar seluruh kebijakan kita kedepan untuk mempercepat pembangunan di daerah kita wujudkan,” tuturnya.

Baca juga: Parigi Moutong Beri Akses Internet di 23 Kecamatan

Sementara itu, Bupati Sigi menuturkan kondisi infrastruktur butuh peningkatan dan pembangunan baru. Sehingga, sangat membutuhkan dukungan anggaran dari Pemprov.

Salah satu sarana harus digenjot adalah infastruktur pertanian, sejalan dengan agrowisata-agroindustri Sigi, Sulawesi Tengah. Di antaranya mengenai jalan kantong pertanian, saluran air pertanian dan sebagainya.

Baca juga: Pembangunan Parigi Moutong 2021, Memajukan Infrastruktur Dan Pemerataan Ekonomi

“Demikian juga kondisi pertanian dan perkebunan di Sigi perlu dukungan dari propinsi,” sebutnya.

Selain infrastruktur pertanian sejalan dengan agrowisata-agroindustri Sigi, Sulawesi Tengah, ia juga menyampaikan mengenai kondisi aksesibilitas masyarakat berupa ketersediaan jalan dan jembatan.

Baca juga: 24 Ribu Jiwa Sudah Disuntik Vaksin Covid 19 di Parigi Moutong

Pemda Sigi, telah membangun kesepahaman dengan Pemkot Palu, untuk membangun jembatan menghubungkan Sigi-Palu. Namun, hal ini juga butuh dukungan anggaran dari Pemprov Sulawesi Tengah.

“Sudah ada kesepahaman rencana pembangunan jembatan Palu-Sigi bersama Kota Palu. Tetapi melihat kondisi saat ini belum bisa diwujudkan. Harapannya, Gubernur kiranya dapat membantu merealisasikan rencana itu,” ucapnya.

Baca juga: Sulawesi Tengah Dalam Waktu Dekat Bangun Kerjasama Industri Maritim

Ia juga berharap Pemprov Sulawesi Tengah dapat membantu peningkatan infrastruktur jalan poros menghubungkan Palu, Sigi dan Kalimantan di Kecamatan Pipikoro.

Baca juga: Wilayah Sulawesi Tengah, Salah Satu Destinasi Wisata Populer Indonesia

Kemudian akses jalan menghubungkan Sigi dengan Kabupaten Donggala, serta jalan dapat menghubungkan Kabupaten Sigi dengan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong. (**)

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah Minta Percepat Rehab Rekon di Donggala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post