Gratis, Layanan Rapid dan SWAB Test di Posko Dinkes Sulteng

Gratis, Layanan Rapid dan SWAB Test di Posko Dinkes Sulawesi Tengah Sulteng
Wasek Gugus Tugas Covid-19 Sulteng, dr. Reny A. Lamajdido.

Berita sulawesi tengah, gemasulawesiDinkes Sulawesi Tengah (Sulteng) menyebutkan memberikan layanan gratis rapid dan SWAB test di posko.

“Pembukaan Posko Rapid dan SWAB test di posko Dinkes Sulteng, sudah sesuai ketentuan dan untuk memenuhi kebutuhan warga yang melakukan perjalanan,” ungkap Kepala Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah, dr. Reny Lamadjido, Sp, PK, M,Kes, Minggu 7 Juni 2020.

Read More

Selaku Wakil Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulteng, ia mengatakan pembukaan posko rapid dan SWAB test di depan Kantor Dinkes Provinsi Sulteng adalah untuk mengantisipasi kebutuhan warga yang melakukan Perjalanan dan Ibu Hamil.

Pasalnya, saat ini rumas sakit pemerintah Provinsi dan Kabupaten atau Kota serta Puskesmas masih terkonsentrasi melakukan perawatan pasien covid-19.

“Kebijakan layanan gratis rapid dan SWAB Dinkes Sulteng, merupakan hasil keputusan rapat Gubernur bersama Forkopimda, Kepala Bandara Mutiara Sis-Aljufri dan seluruh Perwakilan Meskapai Penerbangan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, keputusan rapat berpedoman pada Surat Edaran Dirjen P2P Kemenkes RI nomor  SR.04.03/II/6689/2020, 29 April 2020. Tentang pelaksanaan angkutan udara dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam surat itu menegaskan, seluruh penumpang adalah pejabat instansi pemerintah dan swasta yang melakukan tugas kedinasan, harus menunjukkan surat perintah melaksanakan tugas dari atasannya.

Kemudian, penumpang penerbangan itu harus memenuhi persyaratan kesehatan dan memiliki Surat Keterangan Sehat Bebas Virus Covid-19, harus ada hasil SWAB atau Rapid Test atau Surat Keretangan Berbadan Sehat, yang diterbitkan fasilitas Kesehatan atau Rumah Sakit Pemerintah atau Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Ketentuan telah ditindak lanjuti Gubernur Sulawesi Tengah dengan Surat Edaran Nomor, 550/284/Dis.Kes, tanggal 3 Juni 2020. Tentang persyaratan Perjalanan orang yang menggunakan alat transfortasi umum dalam upaya pencegahan dan pengendalian Virus corona,” jelasnya.

Dalam surat itu mewajibkan seluruh penumpang pelaku perjalanan wajib memperhatikan persyaratan perjalanan sesuai SE Dirjen P2P Kemenkes RI dan SE Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.