2Banner GIF 2021

Gorontalo dan Parigi Moutong Jalin Kerjasama Kembangkan Pertanian hingga Budaya

Gorontalo dan Parigi Moutong Jalin Kerjasama Kembangkan Pertanian hingga Budaya
Foto: Gorontalo dan Parigi Moutong Jalin Kerjasama Kembangkan Pertanian hingga Budaya.

Gemasulawesi– Pemda Gorontalo dan Parigi Moutong menjalin kerjasama pengembangan bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan budaya.

“Saya lihat banyak sekali kelapa disini. Saya punya tiga pabrik kelapa di Gorontalo. Sehingga ini menjadi salah satu motivasi saya untuk datang kesini,” ucap Bupati Gorontalo, Prof Dr Ir H Nelson Pomalingo MPd, Selasa 26 Oktober 2021 malam.

Kerjasama antara Pemda Gorontalo dan Parigi Moutong yang dimuat Memorandum Of Understanding ditandatangani, di bukit Taman Lagueyas Tinombo.

Baca juga: Buol Jadi Sentra Pengembangan Peternakan Sapi di Sulawesi Tengah

Dia mengatakan, dirinya sangat tertarik dengan pengembangan perkebunan yang dimiliki Kabupaten Parigi Moutong, khususnya untuk komuditas Kelapa.

Sama halnya dengan pengembangan sektor perikanan Parigi Moutong, dengan adanya pembudidayaan tambak udang, menjadi alternatif menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Saya lihat disini banyak tambak. Ini luar biasa,” ungkapnya.

Kemudian, dia pun tertarik pada pengembamgan sektor peternakan, khususnya Sapi. Menurut dia, juga saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan Provinsi DKI Jakarta.

Permintaan DKI Jakarta setiap harinya kata dia, mencapai hingga 500 ekor sapi per hari, dan otomatis setiap bulanya kurang lebih 50 ribu ekor sapi harus disiapkan.

“Untuk memenuhi itu tentunya, kita bisa bekerjasama dengan Pemda Parigi Moutong. Namun khusus yang ini mungkin belum bisa dipenuhi, tetapi jika ada yang ingin menjual sapi ke Gorontalo silahkan. Kemudian, kita kirim melalui Container dan sudah di potong dari sini,” imbuhnya.

Terkait pengembangan sejarah atau budaya, dirinya berencana pertemuan raja-raja nusantara se Indonesia di Gorontalo. Hal itu, untuk memperkuat hubungan antara Gorontalo dan Parigi Moutong.

“Disini saya lihat ada kerajaan. Maka saya akan mengundang juga raja dari sini minimal keturunan rajanya, yang kita undang yaitu Bupatinya saya undang langsung kesana,” kata dia.

Sementara itu Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu, menyambut baik kehadiran Bupati Gorontalo ke Kabupaten Parigi Moutong.

“Selamat datang Bupati Gorontalo bersama rombongan di bumi Songu Lara Mombangu. Parigi Moutong mempunyai garis pantai 472 kilo meter terbentang dari Maleali Kecamatan Sausu hingga Sijoli Kecamatan Moutong, dan Alhamdulillah masyarakatnya hidup rukun dan damai,” tandasnya. (***)

Baca juga: Dua Kementerian Jalin Kerjasama di Sektor Pariwisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post