fbpx

Gempa Tektonik Magnitudo 5,0 Guncang Parigi Moutong

waktu baca 2 menit
ilustrasi

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi- Gempa tektonik berkekuatan magnitude 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi tengah Jum’at 31 Desember 2021.

“Gempa yang mengguncang parigi moutong terjadi pada koordinat 0,07 derajat Lintang Utara ; 120,40 derajat Bujur Timur, tepatnya di laut pada kedalaman 92 Km, pada posisi 72 km Barat Daya Parimo, Provinsi Sulawesi tengah,” terang Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, M.Si.

Baca: Gempa Tektonik Melanda, Warga Banggai Diminta Waspada

Gempa yang terjadi kata dia, masuk dalam kategori menengah akibat terjadinya pergeseran lempengan laut Sulawesi dan tidak berpotensi tsunami.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil analisis gempa bumi memiliki mekanisme naiknya sesar beserta terjadinya pergeseran.

Baca: Gempa Parimo Sulawesi Tengah, Berkekuatan Magnitudo 3,2

“Gempa berdampak dirasakan pada wilayah Kotaraya dan Tolitoli III MMI dan getaran sangat berasa saat di dalam rumah,” tuturnya.

Lanjut dia, getaran juga terasa di Kalukubula II MMI, getaran juga terasa sejumlah warga dan benda ringan yang tergantung bergoyang.

Baca: BMKG Sulawesi Tengah Sebut Aktivitas Sesar Matano Perlu Diwaspadai

Ia mengatakan, hingga saat ini dampak kerusakan yang terjadi akibat gempa belum ada laporan diterima oleh pihaknya.

“Sampai sore kita memonitor belum ada gempa susulan terjadi, masyarakat jangan panik dan menjalankan aktifitasnya seperti biasa” ungkapnya.

Baca: Polres Parigi Moutong Seriusi Penanganan Pelanggaran Disiplin Anggota

Ia menambaahkan, gempa tidak menyebabkan potensi tsunamik sehingga tidak perlu terpengaruh terhadap isu yang bersifat hoax.

“Namun kami tetap menghimbau warga untuk waspada, menghindari bangunan yang sudah retak atau rusak. Pastikan bangunan tempat tinggal aman dengan memeriksa secara mendetail agar menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (fan)

Baca:Gempa Buol Sulawesi Tengah, Kekuatan Magnitudo 5,8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.