Gempa Getarkan Morowali, Kekuatan Magnitudo 3,9

Gempa Getarkan Morowali, Kekuatannya Magnitudo 3,9 BMKG Stasiun Geofisika Palu
Foto: Rilis Gempa M 3,9 Morowali, Sulteng dari BMKG Palu, Rabu 27 Januari 2021.
Jangan Lupa Share

Berita morowali, gemasulawesi– BMKG Stasiun Geofisika Palu merilis gempa getarkan Morowali, Sulteng, kekuatannya magnitudo 3,9.

Data BMKG Stasiun Geofisika Palu 27 Januari 2021 pukul 18.40 Wita, tercatat epicentrum gempa getarkan Morowali berada di darat, 15 Km arah barat daya Kolono, Morowali.

Lokasi gempa getarkan Morowali berada di 2,75 Lintang Selatan – 121,89 Bujur Timur, pada kedalaman 10 Km.

BMKG Stasiun Geofisika Palu menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak gempa getarkan Morowali ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal. Akibat dari aktivitas sesar lokal di Morowali.

Baca juga: Gempa Getarkan Sigi Sulteng, Kekuatan Magnitudo 3,4

Diketahui, BMKG Stasiun Geofisika Palu telah mencatat sebanyak 29 segmen sesar aktif yang berada di Sulteng melalui pemetaan yang dilakukan Tim Pusat Gempa Nasional.

BMKG Palu mengungkapkan, pemetaan yang dilakukan Tim Pusat Gempa Nasional di Sulteng tercatat sebanyak 29 segmen sesar aktif.

Sesar gempa yang sering aktif dalam satu tahun terakhir di wilayah Sulteng yakni sesar Palu Koro, Sesar Sausu, Sesar Palolo Graben, sesar Poso, sesar Tolitoli, sesar Buol dan sesar Matano.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan II-III MMI di Morowali. Hasil pemodelan menunjukkan gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Warga juga perlu mengetahui apa itu skala MMI gempa. Berikut informasi yang dapat dipelajari:

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 4,8 Guncang Banggai Sulteng

I skala MMI berarti getaran gempa bumi tidak dapat dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang.

II MMI, getaran atau goncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung seperti lampu gantung bergoyang.

III MMI, getaran gempa bumi tektonik dirasakan nyata dalam rumah. Getaran terasa seakan-akan ada naik di dalam truk yang berjalan.

IV MMI, pada saat siang hari, gempa bumi dapat dirasakan orang banyak di dalam rumah, beberapa orang di luar rumah, gerabah pecah, jendela atau pintu bergoyang hingga berderik dan dinding berbunyi.

Hingga saat ini, BMKG Stasiun Geofisika Palu belum melaporan adanya kerusakan akibat gempa getarkan Morowali.

Namun, BMKG mengingatkan warga untuk selalu waspada dan mencari informasi terkait gempa getarkan Morowali dari sumber yang dapat dipercaya.

Baca juga: BMKG: Gempa Hari Ini di Palasa Akibat Aktivitas Sesar Lokal

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post