Geliatkan UEP Kerajinan Makanan, Pemdes Bambalemo Manfaatkan DD

0
164
Geliatkan UEP Kerajinan Makanan, Pemdes Bambalemo Manfaatkan DD
Kades Bambalemo, Irfan Adnan (Foto: Aqil)

Parimo, gemasulawesi.com Geliatkan UEP kerajinan makanan di Desa, Pemdes Bambalemo, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) manfaatkan Dana Desa (DD) tahun 2019.

Hal tersebut diungkapkan, Kades Bambalemo, Irfan Adnan, di kediamannya, Rabu, 04 Juli 2019. Ia mengatakan perlunya melihat potensi kearifan lokal yang ada di desanya untuk geliatkan UEP.

“Kita berkomitmen dana desa tahun ini diperkuat untuk ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Ia melanjutkan, senilai kurang lebih 30 Juta Rupiah anggaran yang diperuntukkan untuk masyarakat. Contohnya, dengan mengelola usaha gula merah dan wajib untuk Pemdes pemberdayaan ekonomi.

Kemudian, pengelolaan usaha ekonomi produktif rencananya dikelola oleh kelompok usaha gula merah yang ada di desa itu sendiri.

“Apabila, warga berhasil mengelola usaha ekonomi produktif dipastikan kesejahteraan meningkat dan kemiskinan menurun,” jelasnya.

Berikutnya, penggunaan dana desa Bambalemo difokuskan pada pemberdayaan usaha ekonomi produktif baik yang dikelola oleh masyarakat maupun desa.

Penguatan ekonomi itu guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan. Sehingga mampu menyerap lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dan dapat mengantisipasi kemiskinan dan mengurangi pengangguran.

“Kami menyalurkan bantuan berupa barang dan alat kepada kelompok usaha ekonomi produktif. Apalagi, saat ini pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di daerah ini tumbuh dan berkembang,” ungkapnya.

Sehingga, pemanfaatan dana desa diperlukan untuk pemberdayaan ekonomi desa. Pelaku ekonomi produktif dapat memproduksi aneka kerajinan makanan. Seperti gula merah yang berkualitas dan bersih.

Jadi pihak pemerintah desa optimistis pemberdayaan ekonomi itu mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap dana desa itu dapat dikelola untuk usaha ekonomi produktif dengan baik,” tutupnya.

Laporan: Aqil Azizi

Tinggalkan Balasan