2Banner GIF 2021

Pembayaran Gaji ASN di Poso Kembali Molor

Pembayaran Gaji ASN di Poso Kembali Molor
Foto: Illustrasi Gaji ASN.

Berita poso, gemasulawesi– Pembayaran gaji ASN di Poso, Sulawesi Tengah, kembali molor. Hingga saat ini belum menerima gaji untuk bulan Februari 2021.

“Nampaknya, pembayaran gaji akan molor seperti bulan Januari kemarin. Nanti, dibayarkan setelah tanggal 25 atau jelang akhir bulan,” ungkap salah seorang ASN di Poso, Sulawesi Tengah, yang enggan disebutkan namanya, Sabtu 13 Februari 2021.

Ia mempertanyakan kendala keuangan server atau sistem dan aplikasi bermasalah tidak diselesaikan bulan kemarin. Hambatan itu membuat gaji ASN di Poso belum juga bisa terbayarkan.

Mereka berharap agar gaji ASN di Poso, Sulawesi Tengah, segera dibayarkan dan tidak sampai akhir bulan Februari 2021 ini.

Baca juga: Pembayaran Gaji ASN di Tolitoli Molor Dua Bulan, Ini Alasan Pemda

“Kami sangat bergantung dengan gaji. Pasalnya, TPP dan honor kegiatan lainnya sudah tidak ada,” jelasnya.

Apalagi kata dia, saat situasi pandemi sekarang ini banyak kebutuhan mendesak harus segera dibayarkan. Contohnya, anggaran konsumsi bertambah sebab keluarga berkumpul di rumah.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemda Poso, Sulawesi Tengah, Sukimin mengakui jika pembayaran gaji untuk ribuan ASN untuk bulan Februari 2021 belum dibayarkan hingga hari ini.

“Kendalanya adalah Sistim Informasi Manajemen Daerah (Simda) yang bermasalah,” tuturnya.

Kendala mlornya pembayaran gaji ASN di Poso kata dia, ada pada sistem di aplikasi. Memang hampir semua daerah lain juga masih bermasalah. Bahkan, ada ASN daerah lain sudah dua bulan belum gajian.

Ia mengatakan, ini diluar kendali pihaknya. Pasalnya, server terpusat di Kemendagri. Namun, sementara sementara lagi dicarikan solusi.

“Pada Januari 2021, kendalanya sama. Hanya saja kami berupaya sehingga gaji ASN dibayarkan walaupun jelang akhir bulan berjalan,” tuturnya.

Bulan Januari 2021 kata dia, pembayarannya secara manual, tapi untuk bulan Februari sudah tidak bisa lagi dilakukan.

“Saat ini sementara proses Simda. Mudah-mudahan cepat teratasi dan hak dari ribuan ASN secepatnya dibayarkan,” sebutnya.

Diketahui, keterlambatan pembayaran gaji ASN di Poso juga terjadi di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Bahkan, sudah molor selama dua bulan. Masalahnya pun sama, terkendala di system SIPD.

Baca juga: Tahun 2021, Kemendikbud Akan Angkat Satu Juta Guru Honorer Jadi PPPK

Laporan: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post