Forum ASN Parimo Bantu Korban Banjir Desa Bambalemo

  • Whatsapp
Forum ASN Parimo Bantu Korban Banjir Desa Bambalemo
Forum ASN Parimo Bantu Korban Banjir Desa Bambalemo (Foto: BKPSDM dan Forum ASN Salurkan Bantuan Sembako Korban Banjir/Ist)

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Forum Aparatur Sipil Negara atau ASN Peduli Kabupaten Parimo bantu korban banjir Desa Bambalemo.

“Bantuan sembako yang kami serahkan merupakan bentuk kepedulian ASN Parimo terkait duka yang dialami warga Desa Bambalemo,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Ahmad Saiful, saat penyerahan bantuan di Desa Bambalemo, Rabu, 09 September 2020.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, pelaksanaan penyerahan bantuan ke warga itu dikoordinir Forum ASN Parimo Peduli.

Pihaknya bersama Ketua Forum ASN Parimo Peduli, Aktorismo Kay, turun langsung ke lokasi korban bencana alam di Desa Bambalemo Kecamatan Parigi.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga Bambalemo yang terdampak bencana banjir.Dan saya mendoakan semoga banjir tidak terulang lagi, sehingga dapat beraktivitas dengan normal kembali,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Forum ASN Parimo Peduli Aktorismo Kay mengatakan, kegiatan Forum ASN Parimo Peduli ini sudah sering dilakukan jika ada daerah yang terdampak bencana.

Sama halnya dengan bencana banjir bandang yang terjadi di Desa Boyantongo Kecamatan Parigi Utara. Melalui forum ini, juga telah menyalurkan bantuan sembako.

“Dan saat ini kami menyalurkan bantuan untuk korban banjir Desa Bambalemo,” tuturnya.

Bantuan sembako itu diserahkan langsung Kepala BKPSDM Parimo, Ahmad Saiful secara simbolis kepada Kepala desa (Kades) Bambalemo. Dan selanjutnya didistribusikan kepada warga terdampak.

Diketahui sebelumnya, akibat meluapnya Sungai di Desa Bambalemo Kecamatan Parigi, jalan amblas, satu rumah hanyut dan puluhan rumah warga terendam banjir bercampur lumpur.

“Kami lagi berduka, banjir kali ini sangat besar volumenya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kejadian ini menghanyutkan satu rumah hanyut dan 35 rumah warga terendam lumpur,” ungkap Kepala Desa Bambalemo Irfan Adnan.

Data sementara korban terdampak banjir disertai lumpur yaitu di Dusun Satu Desa Bambalemo Parimo, lima rumah terendam lumpur dan lima Kepala Keluarga (KK) terdampak. Warga terdampak saat ini mengungsi ke rumah-rumah warga.

Selain Dusun Satu, di Dusun Dua sebanyak 40 KK terdampak dan 30 rumah ikut terendam banjir dan lumpur.

“Saat ini, terdata warga dari Dusun Dua di lokasi pengungsian gedung Sekolah Al-Khairat yaitu dua laki-laki, tiga perempuan, tiga bayi dan enam Balita,” jelasnya.

Ia menuturkan, kronologis kejadian itu bermula pada pukul 20.00 Wita. Sungai Bambalemo meluap akibat tidak mampu menampung intensitas debit air. Setelah diguyur hujan deras selama sekitar tiga jam lamanya.

Akibat air sungai yang meluap, selain menggenangi rumah warga juga merusak sejumlah kandang ternak warga.

Dari pantauan terlihat, debit air sungai sangat deras. Hingga membuat jalan akses menuju ke SMK Negeri Satu Parigi di Desa Bambalemo amblas sepanjang 30 meter.

Hal itu disebabkan karena air deras yang menggerus tanah. Selain itu, pagar SMK juga ikut roboh disebabkan banjir ini. Jalan hampir sepanjang satu kilometer ikut terendam lumpur luapan sungai.

Akibat kejadian ini warga harus mengungsi. Kondisi warga diperparah dengan padamnya lampu di lokasi itu.

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.