FKS Tawarkan Dua Sistem Pemasaran Sarang Burung Walet Parigi Moutong

  • Whatsapp
FKS Tawarkan Dua Sistem Pemasaran Sarang Burung Walet Parigi Moutong
Dialog komoditi sarang burung walet- Staf Kementan, PT FKS dan Pemda Parigi Moutong berdialog dengan Asosiasi Peternak Sarang Burung Walet Parigi Moutong di Rujab Wakil Bupati Parigi Moutong, Rabu 29 Januari 2020. GemasulawesiFoto/MuhammadRafii.

Parigi moutong, gemasulawesi.comFhisindo Kusuma Sejahtera Perseroan atau PT FKS menawarkan dua sistem pemasaran komoditi sarang burung walet Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

“Dua sistem itu berupa pemasaran sarang burung walet Parigi Moutong langsung ke China dan tidak secara langsung melalui negara perantara,” ungkap tenaga ahli Kementan, Muh Idrus Hafied saat temu dengan peternak walet di Rujab Wakil Bupati, Rabu 29 Januari 2020.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, kalau ingin ekspor langsung ke China akan sangat menguntungkan. Pasalnya, harganya sangat kompetitif sebab langsung berhubungan dengan konsumen pertama.

Pihak China selaku konsumen kata dia, menuntut kualitas sarang burung walet yang sesuai standar dan mutu yang sangat bagus. Sehingga, pihaknya bersama PT FKS menawarkan kerjasama yang saling menguntungkan.

Setiap sarang burung walet dari peternak akan dikumpulkan dan diinventarisir PT FKS. Kemudian akan dibawa ke sarana pencucian sarang burung walet yang sesuai standar ISO.

“Tujuannya, agar sarang burung walet yang dibutuhkan konsumen dari China dapat terpenuhi, harga dapat menjadi kompetitif,” jelasnya.

Nantinya, setiap peternak walet akan mendapat tanda register. Produk yang dipasarkan akan berlabelkan walet Parigi Moutong.

Sebelumnya, PT FKS bersama staf ahli Kementan mengunjungi peternak sarang burung walet di Kabupaten Parigi Moutong.

Staf ahli Kementan, Muh Idrus Hafied bersama Tim FKS yang terdiri dari Eka Sapanca dan Bong Micky melihat langsung kualitas sarang burung walet milik peternak sambil berdialog mensosialisasikan dukungan ekspor ke luar negeri di dua wilayah Kecamatan Tolai dan Kasimbar.

“Kualitas sarang burung walet Parigi Moutong sangat baik,” ungkap Eka Sapanca selaku perwakilan tim investor FKS, saat kunjungan di Kecamatan Tolai, Selasa 28 Januari 2020.

Ia melanjutkan, pihaknya berkomitmen membangun sinergi dengan peternak lokal di Parigi Moutong. Secara bersama membangun daerah melalui ternak sarang burung walet.

Sementara itu, Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai mengatakan, warga khususnya peternak mesti proaktif untuk membangun daerah. Caranya, dengan bekerja sama yang baik antara peternak dan FKS selaku investor. Dengan adanya ikatan kerjasama, pasti dapat melindungi petani walet di Parigi Moutong.

“Selain diikat dengan kerjasama, peternak juga bisa membuat koperasi dan asosiasi. Tujuannya, untuk menguatkan koneksi serta koordinasi terkait usaha sarang burung walet,” tutupnya.

Baca juga: Warga Desa Sidoan Barat Demo DPRD Parigi Moutong

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.