Pemdes Sendana Fasilitasi Rumah Layak Huni untuk Warga Miskin

Pemdes Sendana Fasilitasi Rumah Layak Huni untuk Warga Miskin
Foto: Mudin Warga Sendana yang Tinggal di Rumah Tidak Layak Huni, di Desa Sendana, Parimo, Sulteng. Kamis 17 Februari 2021.
Jangan Lupa Share

Berita parigi moutong, gemasulawesi- Pemdes Sendana Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, fasilitasi rumah layak huni untuk membantu warga miskin di desanya.

“Warga di dusun lima itu tinggal di rumah kondisinya tidak layak,” ungkap Kades Sendana, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Mahyudin via pesan messenger, Jumat 19 Februari 2021.

Ia mengatakan, Pemdes Sendana, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, fasilitasi rumah layak huni merupakan bantuan memanfaatkan dana desa.

Setiap tahunnya kata dia, Pemdes Sendana, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, selalu memberikan bantuan kepada warga. Seperti bahan bangunan, pembangunan jamban ataupun meteran listrik.

“Warga yang kami bantu ini merupakan satu keluarga berjumlah empat orang, kepala keluarga bernama Mudin,” terangnya.

Baca juga: Diguyur Hujan Semalaman, Desa Sendana Terendam Banjir

Ia mengatakan, Mudin pekerjaan sehari-harinya adalah buruh pengangkut pasir. Penghasilannya hanya berharap pada angkutan pasir 15 ribu rupiah per retase. Sementara istrinya hanya ibu rumah tangga.

Dengan penghasilan itu, Mudin bersama keluarganya tidak mampu memiliki rumah layak huni. Bahkan, untuk kebutuhan sehari-hari dirasakan sulit.

Melihat kondisi Mudin, warga berserta Pemdes Sendana, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, fasilitasi rumah layak huni. Dan secara gotong-royong membangunnya

“Rumah Mudin sebelumnya beratapkan daun rumbia yang sudah terlihat bocor,” tuturnya.

Ia melanjutkan, bahkan jika air pasang air masuk ke dalam rumahnya. Pasalnya, rumahnya tidak memiliki pondasi yang memadai.

Dinding dan lantai rumahnya pun terbuat dari papan yang sudah nampak lapuk. Melihat itu membuat hati warga dan Pemdes Sendana Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, tergerak membantu.

“Rumah yang sudah dibangun itu ukurannya sedikit lebih luas dari rumah awal,” jelasnya.

Rumah layak huni ini sudah beratapkan seng, pondasi dan lantai semen. Walaupun, dindingnya masih terbuat dari papan.

Warga, BPD dan Pemdes kompak membantu membangun rumah layak huni ini, agar dapat ditinggali Mudin beserta keluarganya.

“Satu rumah layak huni itu sudah rampung dibangun. Dan warga ini segera kami pindahkan. Lokasinya masih berada di dusun lima, aman dari air pasang laut,” sebutnya.

Ia menambahkan, rencananya warga dan Pemdes Sendana Parigi Moutong, Sulawesi tengah, secara bergotong-royong akan memindahkan barang dan perabotan rumah tangga milik Mudin ke rumah barunya.

Baca juga: Pemdes Sendana Parigi Moutong Salurkan BLT DD kepada Warga

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post