Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Fasilitas Talenthub: Lahirkan Wirausaha Creative Digital Baru

Fasilitas Talenthub: Lahirkan Wirausaha Creative Digital Baru
Foto: Illustrasi Creative Industri Digital.

Gemasulawesi Kemnaker menargetkan melahirkan wirausaha creative digital baru melalui fasilitas Talenthub Bantu Kerja.

“Harapannya ini juga akan memberikan dampak bola salju berupa peningkatan lapangan kerja dan ekonomi masyarakat,” ujar Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu 29 Juli 2021.

Dalam fasilitas TalentHub Kemnaker akan memberikan fasilitas pelatihan, mentoring, coaching, dan pengembangan wirausaha creative digital, termasuk memberikan pengetahuan baru terkait future job melalui podcast.

Baca juga: Ini Empat Program Kemnaker Percepat Pemulihan Ekonomi

Kemudian, terkait implementasinya, tim fasilitas TalentHub di Pusat Pasar Kerja Kemnaker akan berkolaborasi dengan organisasi pemuda baik di level nasional maupun daerah dan perusahaan-perusahaan berbasis online.

Selain itu, pihaknya akan membuka kelas wirausaha creative digital diselenggarakan secara online, sehingga bisa diikuti pemuda dari seluruh pelosok Indonesia.

“Setidaknya 1.000 peserta juga akan dibantu untuk berkesempatan untuk magang di perusahaan-perusahaan digital dalam program Muda(h) Berusaha dan program Talent Fest,” ujarnya.

Pogram Muda(h) berusaha memberikan dukungan modal bagi 1.000 talenta muda sebagai langkah awal dalam berkarir secara mandiri, baik sebagai freelancer maupun wirausaha.

Sementara itu, program Talent Fest yaitu forum matchmaking mempertemukan talenta muda dengan kesempatan kerja.

“Seluruh fasilitas itu dapat diakses secara online seluruh talenta muda di seluruh Indonesia,” kata dia.

Olehnya, Kemnaker mengajak para pemuda untuk terlibat aktif dan bergerak bersama dalam gerakan fasilitas Talenthub Bantu Kerja, sebagai wujud perhatian besar pihaknya dalam mengembangkan potensi dan mendukung talenta generasi muda.

“Anak-anak muda Indonesia, namun masih perlu didorong rasa percaya diri dan semangat serta memberikan akses masuk ke dunia digital industri digital. Jangan ragu menghubungi pasar kerja Kemnaker untuk dapat berkolaborasi dengan https:/talenthub.kemnaker.go.id,” sebutnya.

Baca juga: Kemnaker Apresiasi Pemberian Vaksin kepada Pekerja

Kendala gerakan fasilitas bantu kerja

Gerakan Fasilitas Talenthub Bantu Kerja masih menemui tantangan soal cara gerakan ini dapat diakses anak-anak muda berbakat di pelosok-pelosok negeri.

Tidak saja di kota-kota besar, namun juga para anak muda berbakat ada di Kaimana, Morotai, Pulau Rote, Muara Teweh, hingga di Simeulue untuk akses fasilitas TalentHub.

“Di sinilah peran pemerintah memberikan pendampingan dan kesempatan agar mereka dapat pentas dan memberikan kontribusi pada perekonomian keluarga dan masyarakat melalui pengembangan industri digital dan industri digital creative,” tutur.

Program fasilitas TalentHub akan menjadi platform bagi insan-insan muda memiliki passion di bidang digital, namun memiliki keterbatasan untuk mengembangkan bisnis. Platform itu dibuat Kemnaker untuk memfasilitasi mereka membangun bisnis.

“Kemnaker juga akan membuka Talent Corner yang akan ada di seluruh BLK-UPTP yang ada di beberapa kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, sehingga talenta muda dapat memiliki akses untuk masuk ke fasilitas itu,” tutupnya. (***)

Baca juga: Kemnaker Sinyalir Masih Ada Perusahaan Beroperasi Saat PPKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post