Fakta Sidang Ungkap Hantje Dan Bupati Parigi Moutong Sering Bertemu

  • Whatsapp
Fakta Sidang Ungkap Hantje Dan Bupati Parigi Moutong Sering Bertemu
Illustrasi pertemuan Hantje dan Bupati Parigi Moutong, Samsurizal.

Parigi moutong, gemasulawesi.comFakta sidang Hantje versus Bupati Parigi Moutong (Parimo), Samsurizal Tombolotutu ungkap frekuensi pertemuan keduanya.

“Pada tahun 2017 silam, saya menyaksikan pertemuan antara Bupati Parigi Moutong, Samsurizal dan Hantje di rumah makan Ikan Mas Kabupaten Sigi Biromaru,” ungkap Lukman saksi yang dihadirkan Hantje beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, pertemuan keduanya dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Menurutnya, pertemuan itu awal dari rangkaian sebelum Nico cs meminta dana kepada Hantje.

Terlihat dalam pertemuan itu kata dia, beberapa sosok yang dia kenali turut menghadiri pertemuan. Antara lain, Yanto, Arifin Amat, Nico Rantung dan lainnya.

“Saya tidak bisa mengetahui dengan jelas apa yang menjadi isi pembicaraan saat itu. Jarak antara meja pertemuan mereka dengan mejanya yang jauh, menjadi alasan sulit mendengar alur percakapannya,” jelasnya.

Ia mengatakan, pertemuan kedua kembali dilaksanakan. Saat itu, pertemuan dilaksanakan di warung kopi depan SMA Negeri Satu Palu. Pengusaha Hantje Yohanis dan Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu kembali bertemu.

Saat itu lanjut dia, yang mengatakan kepada Hantje terkait kebutuhan dana untuk bayaran partai politik adalah Nico Rantung. Nico mencoba meyakinkan Hantje, kebutuhan dana itu sifatnya mendesak.

Baca juga: Sidang Hantje vs Bupati Parigi Moutong, Terungkap Nico cs Minta Dana Untuk Mahar Partai

“Kebutuhan dananya cukup banyak, sekitar empat Miliar Rupiah. Uangnya untuk membayar mahar partai agar dapat ikut kontestasi Pilkada tahun 2017,” terangnya.

Sementara itu, kesaksian Jane yang juga sebagai Komisaris perusahaan Tunggal Maju Jaya (TMJ) milik Hantje dalam sidang Hantje versus Bupati Parigi Moutong, menyebutkan pernah melihat pertemuan keduanya.

Ia menuturkan, Hantje dan Samsurizal pernah bertemu di kompleks perusahaan TMJ. Ia mengakui mengenali Samsurizal sebagai Bupati Parimo.

“Bahkan, setelah pertemuan itu, transferan dana sesuai dengan permintaan sebelumnya langsung dilaksanakan,” tegasnya.

Transferan dananya kata dia, terbagi ke beberapa orang kepercayaan Samsurizal. Itupun proses transfer dilaksanakan atas persetujuan Hantje. Bukti transferannya sesuai dengan yang diserahkan ke hakim PN Parigi.

Diantaranya, Jane mengakui pernah mentransfer dana kepada Yanto senilai Rp 650 Juta, Chrisan Rp 800 Juta, Nico Rantung Rp 500 Juta dan sejumlah nama lainnya.

“Saya pernah mendengar Nico Rantung menyebut transferan uang untuk kebutuhan pinjaman uang Bos 01 kode Samsurizal,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, kuasa hukum Bupati Parimo Ariestal mengatakan transferan dana dari Hantje kepada orang kepercayaan kliennya yang juga sebagai turut tergugat, hanya merupakan sumbangan belaka.

Baca juga: Komisaris TMJ Ungkap Transfer Dana Kepada Tim Sukses Samsurizal

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.