Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Dua Kementerian Jalin Kerjasama di Sektor Pariwisata

Dua Kementerian Jalin Kerjasama di Sektor Pariwisata
Foto: Illustrasi kerjasama di sektor pariwisata.

Gemasulawesi– Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Investasi di Bidang Penanaman Modal, menjalin kerjasama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf).

“Kerjasama ini tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam rangka kerja sama di bidang penanaman modal pada sektor parekraf berlaku selama tiga tahun, dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan,” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno, dalam konferensi pers, Senin 23 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, kerjasama di sektor pariwisata itu meliputi pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi, pelaksanaan pembinaan dan pemberian dukungan riset, edukasi, dan pengembangan parekraf.

Baca juga: Sandiaga Uno: 400 ribu Pelaku Pariwisata Target Jalani Vaksinasi

Kemudian, peningkatan kapasitas SDM, pengembangan destinasi dan infrastruktur di bidang parekraf, pengembangan industri dan investasi di bidang parekraf, pengembangan pemasaran peluang investasi parekraf.

Selanjutnya, koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dalam pengembangan parekraf, koordinasi dan harmonisasi dalam penyusunan kebijakan di bidang parekraf dan kerja sama lainnya disepakati. 

Nota kesepahaman kerjasama di sektor pariwisata itu kata dia, menjadi pembuka kesempatan bagi para pelaku industri dan investor agar mengambil peluang untuk bangkit dari pandemi.

Baca juga: Kemenkeu Realisasikan Investasi Bentuk Penyertaan Modal Negara

Dia mengakui, sektor parekraf memang sedang tertekan. Tetapi dengan kerja keras bersama dan gotong royong maka akan lebih mudah bangkit di masa sulit dan menang melawan Covid19. 

“Ini adalah bagian dari proses investasi di sektor parekraf. Tentunya dalam keadaan seperti sekarang kita melihat kondisi sektor kita tertekan. Tapi ada peluang jika kita bisa memanfaatkan peluangitu,” kata dia.

Baca juga: Menparekraf Harap Dana Hibah Pelaku Usaha Wisata Segera Cair

Menteri Investasi minta pelaku usaha agar tidak pesimistis

Dalam kesempatan sama, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia berpesan, kepada para pelaku usaha agar tidak pesimistis dan tetap percaya diri dengan kondisi saat ini. 

Bahlil menegaskan di tengah pandemi covid19 salah satu sektor paling tertekan adalah sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Di sisi investasi, dia menyebut realisasi penanaman modal di sektor pariwisata menurun tajam selama pandemi. 

Baca juga: Meski Pandemi Corona, Sulteng Tetap Izinkan Objek Wisata

“Oleh karenanya, dari kerja sama ini, salah satu yang ingin diprioritaskan adalah mendorong pembenahan infrastruktur pariwisata selama pandemi Covid-19 ini. Untuk itu kami akan membentuk tim kecil agar dapat berkoordinasi secara intens dengan Kemenparekraf,” katanya.

Penandatanganan MoU kerjasama di sektor pariwisata dilakukan secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiga Salahuddin Uno dan Menteri Investasi/BKPM, Bahlil Lahadalia. (***)

Baca juga: Bulan Ini, Dana Hibah Pariwisata Bergulir ke Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post