Dua Dekade Parigi Moutong, Harus Bisa Menggenjot Pembangunan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ketua DPRD Parigi Moutong, Sayutin Budianto. (Foto/dok)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Momentum memasuki dua dekade usia Kabupaten Parigi Moutong, harus bisa menggenjot pembangunan secara optimal demi kesejahteraan masyarakat.

Hal itu diungkapkan, Ketua DRPD Parigi Moutong, Sayutin Budianto, Senin, 11 April 2022 di Parigi.

“Pada usia ini, harusnya Parigi moutong sudah bisa meningkatkan kualitas pembangunan dari semua aspek penting,” tuturnya.

Menurutnya, dua dekade Parigi moutong ini mekar dan diberikan kewenangan Pemerintah Pusat menjalankan otonomi daerah harus mampu mewujudkan pembangunan cepat dan berkelanjutan sesuai dengan visi pemerintah setempat, terwujudnya kabupaten terdepan yang produktif, maju, aman, tertib dan berdaya saing tahun 2023.

Olehnya, berdasarkan patron arah pembangunan tersebut, maka eksekutif dan legislatif harus mempu menciptakan kolaborasi yang baik dalam mewujudkan cita-cita pemerintah kabupaten setempat.

“Melalui jalur politik kami akan membantu mewujudkan itu, dengan memberikan dukungan kepada eksekutif sebagai pengambil kebijakan dengan merealisasikannya dalam bentuk program yang berpihak pada kepentingan masyarakat,” terangnya.

Salah satu contoh, katanya, pengentasan kemiskinan menjadi kewajiban pemerintah menuntaskan sebagai mana amanat konstitusi Undang-Undang Dasar 1954.

2021, jumlah penduduk miskin di Parigi Moutong 76,79 ribu jiwa, dengan persentase 15,28 persen, mengalami penurunan di banding tahun 2020, dan saat ini berada di urutan keempat kemiskinan Sulteng setelah Kabupaten Donggala dan Tojo Una-una serta Poso.

Sedangkan Indeks Pembangunan Manusia menunjukan angka positif yakni 65,82 persen atau meningkat sebesar 0,38, dan sektor ekonomi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berada di angka 42,44 tumbuh positif di picu kontribusi tiga lapangan usaha yakni sektor pertanian 42,44 persen, perdagangan 15,24 persen dan sektor konstruksi 12,85 persen (BPS 2021).

Untuk diketahui, HUT Parigi Moutong ke-20 tahun tepat pada 10 April 2022, yang dimekarkan 10 April 2002. (dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.