DPUPRP Parigi Moutong Anggarkan Rehab Irigasi Rp4,5 Miliar

DPUPRP Parigi Moutong Anggarkan Rehab Irigasi Rp4,5 Miliar
Illustrasi irigasi (foto: independensi)

Parigi moutong, gemasulawesi.com DPUPRP Kabupaten Parigi Moutong melalui Bidang Sumber Daya Air atau SDA anggarkan rehab irigasi di tiga wilayah berbandrol Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp4,5 Miliar pada 2020.

“Total dana Rp4,5 Miliar Pemda Parigi Moutong anggarkan rehab irigasi dan sementara melalui proses lelang di Balai Layanan Pelelangan (BLP),” ungkap Kepala Kepala Seksi Irigasi Bidang SDA DPUPRP Parigi Moutong Moh. Zubaid di ruang kerjanya, Selasa 24 Maret 2020.

Read More

Ia mengatakan, tiga wilayah yang menjadi lokus rehab irigasi yakni daerah irigasi Ampibabo, Tilung dan Ogotomubu Kecamatan Tomini.

Diperkirakan, proses lelang paket pekerjaan di tiga daerah irigasi itu akan berlangsung selama dua pekan. Ia juga memastikan, pada April mendatang pekerjaan di tiga daerah irigasi itu akan dilaksanakan.

Sehingga, pihaknya telah melayangkan surat pemberitahuan terkait rehab irigasi. Info itu khusus diberikan ke petani pada tiga daerah irigasi, Pemerintah desa setempat, Pemerintah Kecamatan dan Dinas Pertanian Kabupaten Parigi Moutong.

“Pekerjaan ke tiga paket pada bulan April itu sesuai kontrak, yang kami lampirkan pada saat pembuatan perencanaan,” katanya.

Ia melanjutkan, selain empat pekerjaan berbandrol DAK, Bidang SDA juga menganggarkan pekerjaan rehab di daerah irigasi Toribulu dengan besaran dana mencapai Rp100 Juta.

Ditanya terkait volume rehab irigasi ke lima pekerjaan itu, Zubaid mengaku tidak mengingat secara pasti.

“Pekerjaan irigasi yang kami tangani sejauh ini, hanya melakukan rehab saja. Tidak ada bangun baru beberapa tahun terakhir. Tetapi, sekitar tahun 2016 kami sempat sekali melaksanakan bangun baru di daerah irigasi Persatuan Sejati Kecamatan Ongka. Selebihnya tidak pernah lagi,” terangnya.

Selain itu, DPUPRP Kabupaten Parigi Moutong juga menganggarkan rehab irigasi di Kecamatan Tinombo Selatan kurang lebih senilai Rp160 Juta melalui pengadaan langsung.

Ia menambahkan, pengadaan langsung untuk rehab irigasi di Kecamatan Tinombo Selatan senilai Rp160 Juta itu, sumber dananya sama dengan Rp4,5 Miliar melalui DAK.

Baca juga: Tangkal Covid-19, Pemda Parigi Moutong Instruksikan Buka Tutup Jalan

Baca juga: Lindungi Siswa Dari Virus Corona, Pemerintah Hapus Ujian Nasional 2020

Laporan: Roy L

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.