2Banner GIF 2021

DPRD Parimo Akan Gelar RDP Terkait Pemanfaatan Tol Laut

DPRD Parimo Akan Gelar RDP Terkait Pemanfaatan Tol Laut
Foto: Ketua DPRD Parimo Sayutin Budianto Tongani.

Berita parigi moutong, gemasulawesi– DPRD Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan Rapat Dengar Pendapat atau RDP pemanfaatan Tol Laut dengan sejumlah OPD terkait.

“Terkait hal itu saya akan meminta Komisi II untuk mengundang OPD terkait melakukan RDP dalam membahas persoalan pemanfaatan tol Laut,” ungkap Ketua DPRD Parigi Moutong, Sayutin Budianto, saat ditemui, Jumat 7 April 2021.

Ia mengatakan, keberatan tol laut di Kabupaten Parigi Moutong tujuannya untuk mencapai kawasan timur wilayah Teluk Tomini, dan wilayah lain seperti Ternate, Papua, dan Sulawesi Utara.

Hanya saja kata dia, yang masih menjadi pertimbangan yakni, harga komoditi. Sehingga, OPT terkait perlu melakukan pendataan. Akan dibahas dalam RDP pemanfaatan tol laut.

Baca juga: Parigi Moutong Dorong Pengusaha Manfaatkan Tol Laut

“Yang masih seksi saat ini kan daerah Kalimantan, sementara sekarang kan masih menggunakan jalur darat. Nah ini yang perlu kita sikapi, agar tembus Ternate, Sulawesi Barat dan lainnya,” kata dia.

Menurut dia, keberadaan tol Laut sangat menguntungkan daerah, karena mempermudah akses. Apalagi, Parigi Moutong telah ditetapkan sebagai kawasan tol laut, yang menjadi sentral pendistribusian.

Sehingga, harus digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baik. Olehnya, pihaknya akan mendorong OPD untuk mengaktifkan tol laut, karena ini akan meningkatkan sektor pendapatan petani, dari sektor pertanian dan perkebunan.

“Kemudian untuk nelayan, kebanyakan hasil laut dikirim menggunakan akses darat. Padahal, ikan-ikan ini bisa dikirim sampai ke daerah lain dengan tol laut,” tuturnya.

Sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan melakukan sosialisasikan terkait pemanfaatan Tol Laut.

“Rencananya, kami akan mengadakan FGD dan memasang spanduk terkait tol laut ke seluruh wilayah Parigi Moutong,” ungkap Kepala Disperindag Parigi Moutong, Moh. Yasir, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Dengan pemanfaatan tol laut kata dia, pengusaha di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, bisa meraup keuntungan lebih. Pasalnya, biaya akomodasi komoditas yang dipasarkan bisa lebih murah.

Ia menuturkan, di Parigi Moutong sendiri ada beberapa komoditas unggul dengan produksi melimpah, yang bisa dipasarkan ke luar daerah.

Pemda Parigi Moutong mendorong pengusaha memanfaatkan fasilitas itu untuk meningkatkan perdagangan.

Baca juga: RDP DPRD dan Dinkes Bahas BPJS Kesehatan

Laporan: Aldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post