DPR Sebut Kemenkeu Blokir Rp 500 Miliar Dana Bantuan Ponpes Madrasah

waktu baca 2 menit
Foto: Pendidikan di Ponpes.

Berita nasional, gemasulawesi– DPR sebut Kemenkeu masih memblokir bantuan senilai Rp 500 Miliar, untuk Pondok Pesantren atau Ponpes dan Madrasah.

“Ternyata semuanya masih diblokir Kemenkeu. Sehingga, Kemenag sampai sekarang tidak bisa menyalurkan bantuan itu untuk Ponpes dan Madrasah,” ungkap Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto dalam keterangan tertulis, Sabtu 26 Juni 2021.

Pemblokiran bantuan untuk Ponpes Madrasah diperkirakan telah terjadi selama selama enam bulan lamanya, tanpa alasan jelas.

Sehingga, hal itu dipertanyakan Komisi VIII DPR, karena Ponpres dan Madrasah membutuhkan biaya operasional untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan di tengah pandemi covid 19 saat ini.

Baca juga: Vaksinasi Warga Sigi, Polres Laksanakan di Lima Titik

Pihanya mendesak agar Kementerian Keuangan segera membuka blokir tersebut, dan memberikan dananya kepada Ponpes dan Madrasah.

“Kami mendesak Kemenkeu untuk membuka blokir anggaran sebesar Rp 500 miliar ini dan segera distribusikan,” ujarnya.

Baca juga: Kota Palu Berlakukan Pembatasan Jam Operasional Usaha

Bantuan dana bagi Ponpes dan Madrasah tidak semestinya dilakukan ditahan.

Dikutip dari halaman resmi Kementerian Keuangan, pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pesantren mengalokasikan dana bantuan adaptasi kebiasaan baru sebesar Rp 2,6 triliun.

Baca juga: SMPN Model Toniasa Akhiri Pesantren Kilat Ramadhan 1440H

Alokasi tersebut terdiri dari Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk Lembaga Pesantren/MDT/LPA sebesar Rp 2,38 triliun, serta bantuan pembelajaran daring bagi pesantren selama 3 bulan sebesar Rp 211,7 miliar.

Baca juga: Puluhan Milyar Rupiah, BOP PAUD Parigi Moutong

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghofur mengatakan realisasi penyaluran sudah mencapai 85 persen.

Baca juga: Disdikbud Parimo Kelola Puluhan Miliar Dana BOP Paud

BOP Pesantren diberikan dalam tiga kategori berdasarkan jumlah santri. Pesantren kecil dengan santri di bawah 500, mendapat BOP Rp25 juta.

Baca juga: Pesantren Lampoko Sulawesi Barat Terbakar

Total ada 14.907 pesantren kategori ini yang terdaftar sebagai penerima bantuan. Sementara itu, kategori pesantren sedang yakni dengan 500 – 1000 santri, mendapat bantuan sebesar Rp40 juta. Ada 4.032 pesantren yang terdaftar sebagai penerima BOP. (***)

Baca juga: Ponpes Islam Amanah Poso Sulteng Kini Miliki Rusun Santri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.