DPR Ajak Masyarakat Tidak Takut Jalani Vaksinasi

waktu baca 2 menit
Foto: Illustrasi masyarakat jalani vaksinasi.

Berita nasional, gemasulawesi– Masyarakat dihimbau agar tidak takut menjalani vaksinasi covid-19, sebagai upaya pencegahan virus yang saat ini terus meningkat di Indonesia.

“Kalau masih ada sebagian kelompok masyarakat yang belum mau divaksin, ayo jangan takut. Ini semua demi keselamatan anda, keluarga dan kita semua,” ungkap Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, dalam keterangannya, Rabu, 7 Juli 2021.

Pihaknya mengaku mendukung percepatan vaksinasi digencarkan pemerintah. Serta berharap percepatan vaksinasi itu mampu menekan laju penambahan kasus Covid-19 semakin mengkhawatirkan.

Pihaknya juga mengaku prihatin dengan lonjakan kasus yang signifikan, termasuk angka kematian yang cukup tinggi saat ini.

“Fakta ini harus menjadi perhatian semua kalangan,” ujarnya.

Selain ajak masyarakat tidak takut vaksinasi, dia pun meminta agar vaksinasi menyasar segala kalangan di Indonesia, termasuk kalangan pesantren juga dinilai cukup rawan atas terjadinya penularan virus corona.

Pasalnya, beberapa pesantren masih menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa lonjakan kasus covid-19.

“Sehingga kami berharap Pemerintah bisa memfasilitasi vaksinasi di pesantren,” kata dia.

Baca juga: Lokakarya 2021, Perkuat Upaya Penanganan Lokus Stunting

Wakil Ketua DPR juga mengingatkan agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi.

Selain itu, pihaknya juga meminta semua pihak mensukseskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dengan disiplin protokol kesehatan.

Baca juga: Rakor BPBD Sulteng Bahas Percepatan Rehab Rekon 2020

“Sebab, kuncinya ada pada kedisiplinan kita semua dalam menjaga diri dan keluarga masing-masing,” tuturnya.

Adapun lonjakan kasus Covid-19 masih belum berakhir. Hingga Selasa 6 Juli 2021 masih tercatat penambahan kasus baru Covid-19 berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19.

Baca juga: Dinkes Parigi Moutong Kembali Distribusi 4 Ribu Vaksin Covid 19

Pada Selasa kemarin, kasus baru Covid-19 bertambah sebanyak 31.189 orang. Angka itu merupakan rekor tertinggi kasus baru Covid-19 sejak pandemi mewabah di Indonesia pada 2 Maret 2020.

Selain itu, angka kematian harian juga tercatat jumlah tertingginya pada Selasa kemarin yaitu sebanyak 728 pasien Covid-19 meninggal dunia.

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah Jadikan Sigi Pusat Agrowisata-Agroindustri

Pemerintah berniat melakukan percepatan program vaksinasi Covid-19 hingga mencapai target 3 juta vaksin per hari pada Oktober 2021.

Sebelumnya, pada Juli, pemerintah menargetkan 1 juta vaksin per hari dan pada Agustus sebanyak 2 juta vaksin per hari. Adapun langkah percepatan vaksinasi itu dilakukan untuk menekan laju kasus Covid-19 di Tanah Air. (***)

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah Minta Percepat Rehab Rekon di Donggala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.